Mengintip Batik Lukis yang Super Eksentrik dan Banyak Dilirik Wisatawan, Simak 4 Contohnya

batik lukis
0 Komentar

Proses pembuatan batik painting ini termasuk mudah. Pertama-tama kamu perlu mempersiapkan kain katun atau sutera untuk digunakan sebagai media untuk melukis, anda bisa menyesuaikan lebar bahan sesuai dengan keinginanmu. Setelah itu dibuat sketsa atau coretan-coretan gambar sesuai imajinasimu dalam membuat gambar, karena setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menuangkan ekspresi seninya.

Biasanya pembatikan di atas kain dilakukan tanpa menggunakan sketsa maupun coretan terlebih dahulu, namun langsung menggambar mnggunakan lilin dengan canting atau dengan kuas di atas kain. Pada batik lukis, proses pembatikan dan juga pewarnaan dilakukan secara beriringan, hal itu dilakukan agar mendapatkan hasil lukisan yang diinginkan.

Namun pengaplikasian lilin di atas kain tidak semudah seperti menggambar diatas kertas loh gengs. Perlu keterampilan agar bisa luwes dalam menggunakan canting atau kuas dengan lilin di atas kain.

Baca Juga:Berani Tampil Beda ala Batik Alisan, Bantu Penampilanmu Makin Berkelas di 20237 Hal Menarik Dieng, Negeri Atas Awan dengan Segala Pesona Keunikannya

Batik yang dihasilkan dari painting ini memiliki corak dan warna yang bebas dan tidak terikat sperti model batik tradisional biasanya.

Pembuatannya pun memakan waktu yang lebih lama, karena selain membutuhkan ketelitian dan ketekunan, juga memerlukan kreativitas dari pembuatnya. Oleh karena itu harganya pun lebih tinggi disbanding dengan harga jenis batik lainnya. Hal tersebut juga karna faktor dari seni lukis dan ekspresi yang dituangkan dalam pembuatannya juga tidak mudah.

Hingga saat ini belum ada sumber yang pasti untuk menjawab asal sejarah batik lukis itu sendiri berasal dari mana. Namun batik ini dipopulerkan oleh para seniman di Kota Yogyakarta pada era tahun 1970-an seperti Ida Hadjar, Amri Yahya, dan sebagainya.

Kemunculan dari batik painting tersebut merubah kegunaan batik dari yang hanya dipakai untuk busana menjadi lebih bernilai ekspresi. Fungsi ekspresinya sendiri juga menjadi pembeda antara batik lukis dengan batik lainnya, sehingga batik yang dihasilkan melalui proses melukis tersebut juga memiliki karakter yang bebas. Lukisan batik yang unik dank has akan tercipta dari imajinasi dari para pelukis batik yang tentunya terkadang sangat liar.

Kamu bisa menemukan banyak hasil dari batik painting tersebut di sepanjang Jalan Malioboro, Yogyakarta, kamu bisa melihat banyak pedagang menjajakan batik serupa lukisan ini. Mulai dari kemeja, celana panjang, jaket, blazer, syal, bahkan kain yang di lukis. pameran batik juga sering diadakan di berbagai lokasi di Yogyakarta.

0 Komentar