Rahasia Tampil Nyentrik dengan 13 Motif Batik Jambi, Dijamin Ga Ngebosenin

Motif Batik Jambi
Tampil cantik dan nyentrik dengan Batik Jambi. (instagram@bujanggadiskotajambi)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Jika kamu bosan dengan tampilan batik yang itu-itu aja, kamu bisa coba motif Batik Jambi dibawah ini, asli deh ga bakal bikin bosan!.

Jambi adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur, dibagian tengah pulau Sumatra. Dan ternyata Jambi juga memiliki sajian batik khasnya yang cukup nyentrik dan beda dari yang lain.

Keberagaman batik kini memang sudah menjalar dimana, termasuk juga di daerah Jambi. Batik jambi adalah kreasi kain batik khas dari sejumlah daerah yang ada di Provinsi Jambi.

Baca Juga:Upgrade Besar! Spesifikasi Vespa GTS Super Tech 2023 Makin Memukau dengan Banyak Fitur BaruMengandung Banyak Makna, 6 Karakteristik Batik Papua yang Membuat Kamu Tampil Beda

Beberapa daerah yang terkenal dengan produksi Batik Jambi ialah Kabupaten Bungo, Batanghari, Tebo, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Muaro Jambi, Sarolangun, Kerinci, dan kabupaten lainnya.

Batik Jambi umumnya memiliki motif khas bercorak bunga, daun, tanaman, fauna, maupun alam sekitar sebagai media untuk menyampaikan pesan agar kita mengambil pelajaran dari apa yang ada di sekitar.

Mengenal Sejarah Batik Jambi

Batik Jambi berasal berasal dari masa kesultanan Melayu di Jambi. Motif utama batik Jambi berupa flora dan fauna. Pada saat itu Batik Jambi hanya dikenakan oleh kalangan keluarga sultan saja.

Konon katanya, Batik Jambi pertama kali dikenalkan oleh Haji Muhibat dari Jawa Tengah menjelang akhir abad ke-19. Pada saat itu, produksi Batik Jambi masih sangat terbatas. Terlebih lagi, produksi batik hanya untuk keperluan keluarga dan lingkungan kesultanan.

Berakhirnya kekuasaan kesultanan Jambi pada awal abad ke-20 membuat tingkat konsumsi batik Jambi ikut menurun. Batik Jambi kembali mendapat perhatian akibat tulisan seorang penulis berkebangsaan Belanda bernama BM Gosligs.

Hasil penelitian Gosligs menyatakan bahwa di dusun Kampung Tengah memang sudah ada pengrajin batik yang terkenal dengan karyanya yang indah.

Pada tahun 1980-an dilakukan pembinaan oleh Pembina Kesenian dan Pembina Dharmawanita yang akhirnya membuat produksi Batik Jambi semakin berkembang.

Baca Juga:Semakin Tak Bisa Berpaling! Inilah Spesifikasi Vespa GTS Super Sport 150, Baru Saja Dirilis di IndonesiaDeretan Motif Batik Nasional Paling Populer, Nomor 7 Favorit Pak Ganjar!

Kumpulan Motif Batik Jambi

Berikut adalah beberapa motif Batik Jambi yang ternyata memiliki makna tersendiri. Yuk simak berbagai motifnya!

0 Komentar