Rahasia Tampil Nyentrik dengan 13 Motif Batik Jambi, Dijamin Ga Ngebosenin

Motif Batik Jambi
Tampil cantik dan nyentrik dengan Batik Jambi. (instagram@bujanggadiskotajambi)
0 Komentar

1. Motif Angsa Duo

Motif Angsa Duo. (instagram@katalogbatikjambiberkah)

Motif Batik Jambi yang pertama bernama Angsa Duo. Seperti namanya, motif ini bergambarkan sepasang angsa yang sejajar dan saling berhadapan.

Motif ini memiliki makna filosofis agar manusia selalu menjaga keselarasan dan keserasian hidup baik kepada sesama manusia maupun makhluk hidup lain, termasuk binatang.

Selain itu, makna keharmonisan hidup, kegigihan serta kesabaran dalam berusaha selayaknya selalu diupayakan dalam keseharian. Motif Angsa Duo diperkirakan mendapat pengaruh dari Gujarat India yang populer ditahun 1400-1600 M.

2. Motif Kapal Sanggat

Motif Kapal Sanggat. (instagram@katalogbatikjambiberkah)

Baca Juga:Upgrade Besar! Spesifikasi Vespa GTS Super Tech 2023 Makin Memukau dengan Banyak Fitur BaruMengandung Banyak Makna, 6 Karakteristik Batik Papua yang Membuat Kamu Tampil Beda

Kata sanggat berasal dari bahasa melayu Jambi yang artinya terhambat atau terhalangi sesuatu sehingga berhenti berlayar. Motif ini menggambarkan guratan gambar berupa kapal laut dengan dua tiang besar dan bendera.

Motif Kapal Sanggat membawa sebuah pesan yakni setiap urusan atau kewajiban harus diselesaikan dan tak boleh berhenti di tengah jalan. Motif ini telah mendapat pengakuan dan sertifikat HaKI di tahun 2015, sehingga menjadi salah satu ikon batik khas Jambi.

3. Motif Sungai Batanghari

Motif Batanghari. (instagram@katalogbatikjambiberkah)

Motif Batik Jambi yang juga populer adalah motif Sungai Batanghari, dengan ciri khas aliran air yang meliuk-liuk di sepanjang kain. Selain itu, juga diselingi corak tanaman bersulur, dedaunan hingga bunga.

Makna batik ini menceritakan tentang kehidupan manusia yang penuh lika-liku sehingga perlu kesabaran dan kegigihan dalam menyelesaikannya. Ibarat air sungai yang berusaha mencari celah untuk mengalir menuju jalan keluar.

4. Motif Tampuk Manggis

Motif Tapuk Manggis. (instagram@katalogbatikjambiberkah)

Motif Batik Jambi berikutnya yaitu Tampuk Manggis, motif ini memiliki bulatan berupa kulit luar yang hitam, kulit dalam yang merah, dan daging buah yang putih bersih layaknya buah manggis.

Memiliki pesan bahwa setiap manusia tidak boleh sombong dan merendahkan orang lain hanya berdasarkan kulit luarnya saja. Kita tidak pernah tahu di balik kulit luarnya terdapat akhlak yang tulus dan hati yang bersih.

5. Motif Durian Pecah

Motif Durian Pecah. (instagram@katalogbatikjambiberkah)

Motif Batik jambi selanjutnya adalah Durian Pecah, yang menjadi salah satu batik favorit di Jambi. Dengan variasi desain yang cantik dan menarik, gambar durian pun terlihat bagaikan sayap yang bersisian dan simetris.

0 Komentar