Rahasia Tampil Nyentrik dengan 13 Motif Batik Jambi, Dijamin Ga Ngebosenin

Motif Batik Jambi
Tampil cantik dan nyentrik dengan Batik Jambi. (instagram@bujanggadiskotajambi)
0 Komentar

Bagaikan durian yang sudah pecah akan tak bernilai lagi. Motif ini menjelaskan bahwa setiap orang harus berhati-hati dalam melangkah, senantiasa menjaga sesuatu sebaik mungkin agar tidak rusak atau binasa.

6. Motif Kuau Berhias

Motif Burung Kuau Berhias. (instagram@katalogbatikjambiberkah)

Motif Batik Jambi ini memiliki gambar burung asli Indonesia yaitu Kuau Raja. Burung ini tampak sedang berhias atau berkaca sehingga terdapat refleksi bayangannya seakan-akan ada dua burung.

Makna motif Kuau Berhias mengajar kita untuk selalu introspeksi diri. Sehingga setiap orang dapat mengenali kelebihan dan kekurangan diri sekaligus berusaha memperbaikinya.

Baca Juga:Upgrade Besar! Spesifikasi Vespa GTS Super Tech 2023 Makin Memukau dengan Banyak Fitur BaruMengandung Banyak Makna, 6 Karakteristik Batik Papua yang Membuat Kamu Tampil Beda

7. Motif Riang-Riang

Motif Batik Jambi ini bergambar riang-riang atau serangga kunang-kunang. Riang-riang hanya muncul dimalam hari, kerap kita jumpai ia bersinar dan menari-nari ditengah gelapnya malam.

Layaknya riang-riang, motif ini memiliki makna bahwa manusia sebaiknya berusaha semampunya untuk membawa kebaikan dan manfaat bagi sekitar. Meskipun tampak kecil dan sepele.

8. Motif Bungo Muko Macan

Adalah motif yang berasal dari Kabupaten Tebo, bunga berwajah seperti macan atau bunga Rafflesia Hasseltii yang banyak tumbuh di sekitar Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) di Kabupaten Tebo yang dekat dengan Provinsi Riau.

Walaupun bungo muko macan tak bisa dikonsumsi, tetapi keberadaan bunga ini tidak sia-sia dan selalu ada manfaatnya. Begitu pula pada kehidupan manusia, tentunya tak boleh merasa rendah diri atau merasa hidupnya sia-sia.

9. Motif Sialang Rajo

Motif Batik Jambi Sialang Rajo yang berasal dari Tebo yang telah dipatenkan dan kini menjadi motif asli khas Jambi. Batik ini memiliki makna ikonik tentang eksistensi pohon Sialang khas bumi Andalas yang menjadi sarang para lebah hutan spesies Apis Dorsata.

10. Motif Buah Karet Khas Mestong

Motif Buah Karet ini digagas oleh Pak Kliwon yang merupakan ahli karet terkenal di Kab. Muaro Jambi tepatnya di daerah Mestong. Dari tanaman karet, motif ini mengambil tema dari bunga, daun, dan biji karet sebagai inspirasi.

Motif ini sebagai salah satu cara untuk melestatikan produk karet unggulan Mestong. Sekaligus untuk memperkenalkan buah karet Mestong dalam motif batik Jambi.

0 Komentar