Rahasia Tampil Nyentrik dengan 13 Motif Batik Jambi, Dijamin Ga Ngebosenin

Motif Batik Jambi
Tampil cantik dan nyentrik dengan Batik Jambi. (instagram@bujanggadiskotajambi)
0 Komentar

11. Motif Bungo Dani

Motif satu ini adalah motif baru khas Kabupaten Bungo yang memiliki bunga khas yaitu Bunga Dani. Bunga yang hanya tumbuh di wilayah ini menjadi ikon kebanggaan masyarakat Bungo yang diwujudkan dalam motif batik khas Bungo.

Motif Bungo Dani memiliki makna tentang kehidupan manusia agar senantiasa di rumah ketika magrib tiba, sementara saat pagi hari haruslah bersiap untuk mencari nafkah dengan bekerja.

12. Motif Rebung Nyengum

Motif Rebung Nyengum adalah motif batik Jambi kontemporer yang lahir dari Kabupaten Tebo. Motif ini menggambarkan tunas bambu atau rebung yang memang banyak tumbuh di kawasan tersebut.

Baca Juga:Upgrade Besar! Spesifikasi Vespa GTS Super Tech 2023 Makin Memukau dengan Banyak Fitur BaruMengandung Banyak Makna, 6 Karakteristik Batik Papua yang Membuat Kamu Tampil Beda

Motif ini mengandung pesan harapan untuk generasi muda, agar anak muda berupaya tumbuh dengan karakter yang baik dan berusaha bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Ibarat siklus hidup tunas muda bambu yang membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat.

13. Motif Menara Gentala Arasy

Motif Menara Gentala Arasy termasuk ragam motif batik Jambi kontemporer. Motif ini termasuk kategori motif geometris dengan corak berupa garis-garis yang membentuk desain bangunan.

Secara khusus motif ini tidak memiliki makna simbolis. Namun ditujukan untuk mengabadikan monumen khas Jambi yang ikonik di atas Jembatan Gentala Arasy untuk memperkenalkannya kepada masyarakat di dalam maupun luar negeri.

Kira-kira dari 13 motif Batik Jambi di atas kalian paling suka motif yang mana nih? (*)

0 Komentar