Merasa Mudah Sakit? Nih 8 Menu Makanan Sehat dan Bergizi Agar Lebih Kebal dari Penyakit

Menu makanan sehat dan bergizi
ilustrasi anak kecil makan/pixabay
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Faktor penentu kesehatan tubuh salah satunya ada pada makanan yang dikonsumsi. Agar terhindar sakit, kamu perlu mengonsumsi menu makanan sehat dan bergizi setiap hari.

Meskipun ada beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi kesehatan, makanan adalah hal pokok yang tidak bisa disepelekan.

Bagaimana pun, makanan yang kita konsumsi akan diolah oleh tubuh. Jadi, kita perlu memberikan asupan menu makanan sehat dan bergizi ke tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

1. Oatmeal

ilustrasi oatmeal/pexels

Baca Juga:Cegah Sakit dengan 7 Jenis Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Setiap HariHectic Jangan Sampai Sakit, Lakukan 7 Kiat Makan Sehat Ini Saat Kesibukan Melanda

Menu makanan sehat dan bergizi yang pertama yang perlu dikonsumsi agar terhindar dari penyakit adalah oatmeal.

Biasa disantap sebagai sarapan, oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi yang baik untuk menjaga sistem pencernaan.

Saat memakannya pun kamu akan merasa kenyang lebih lama. Oatmeal bisa kamu kreasikan menjadi berbagai snack agar tak bosan mengonsumsinya.

2. Biji-Bijian

Berikutnya ada biji-bijian yang berfusngi untuk memberikan energi pada tubuh. Agar selalu tampil segar beraktivitas, kamu perlu cukup karbohidrat yang ada pada biji-bijian.

Contoh menu makanan sehat dan bergizi bijian-bijian adalah seperti beras merah, jagung, dan lainnya. Pastikan kamu mengonsumsinya dalam porsi tertentu dan tidak berlebihan atau akan menimbulkan masalah baru.

3. Kacang-Kacangan

Selain oatmeal, kacang-kacangan juga memiliki serat yang baik untuk pencernaan. Namun tidak hanya itu, menu makanan sehat dan bergizi ini juga mengandung magnesium dan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung.

Kacang-kacangan juga mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Jadi menu ini sangat direkomendasikan untuk disantap setiap hari.

4. Protein Hewani

ilustrasi daging/pexels

Baca Juga:6 Masker untuk Mengatasi Wajah Kusam, Atasi Sumber Masalah Wujudkan Glowing PermanenYuk Dicoba, 9 Contoh Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Menu makanan sehat dan bergizi selanjutnya adalah protein hewani. Di dalamnya berupa aneka daging yang bisa dimakan, telur, susu, dan seafood.

Menu makanan ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh berupa omega 3, vitamin B12, vitamin D, asam lemak, dan zat besi.

5. Jeruk

Tidak hanya menjaga kesehatan organ dalam saja, kamu juga perlu menjadi sehat dari luar. Yaitu berupa kulit sehat.

0 Komentar