Merasa Mudah Sakit? Nih 8 Menu Makanan Sehat dan Bergizi Agar Lebih Kebal dari Penyakit

Menu makanan sehat dan bergizi
ilustrasi anak kecil makan/pixabay
0 Komentar

Untuk mewujudkannya, kamu bisa mengonsumsi menu makanan sehat dan bergizi berupa jeruk.

Antioksidan yang terkandung di dalamnya dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas dan memproduksi kolagen yang bisa untuk menjaga elastisitas kulit.

Tidak cukup itu saja, jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat kaya. Vitamin C tersebut yang akan membantu tubuh untuk memproduksi sel darah putih dan antibodi untuk melawan infeksi.

Baca Juga:Cegah Sakit dengan 7 Jenis Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Setiap HariHectic Jangan Sampai Sakit, Lakukan 7 Kiat Makan Sehat Ini Saat Kesibukan Melanda

6. Pisang

Termasuk dalam keluarga buah-buahan, menu makanan sehat dan bergizi ini mengandung nutrient yang berfungsi untuk menstabilkan saluran gastrointestinal dan juga memperkuat sel permukaan lambung.

Dengan kandungan tersebut, pisang dapat mencegah tukak lambung. Kandungan kalium yang banyak pada pisang juga berperan untuk mengendalikan tekanan darah.

Semakin matang pisang yang kamu makan, rasanya akan semakin manis. Ini menandakan bahwa menu makanan sehat dan bergizi ini memiliki gula alami penghancur lemak yang lebih mudah dicerna.

7. Brokoli

ilustrasi brokoli/pixabay

Selanjutnya ada menu makanan sehat dan bergizi berupa brokoli yang mengandung vitamin K, A, C, kalium, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Sayur hijau ini juga bisa untuk mencegah kanker karena terdapat kandungan sulforaphane untuk merangsang enzim detoksifikasi.

Rajinlah mengonsumsi brokoli agar terhindar dari penyakit. Namun jangan memasaknya terlalu matang karena nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa hilang.

8. Bawang Putih

Tidak kalah penting dari menu makanan sehat dan bergizi lainnya, bawang putih memiliki banyak kandungan yang kaya akan khasiat.

Baca Juga:6 Masker untuk Mengatasi Wajah Kusam, Atasi Sumber Masalah Wujudkan Glowing PermanenYuk Dicoba, 9 Contoh Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Di dalam bawang putih terdapat senyawa kimia allicin yang bisa untuk melawan infeksi dan mengencerkan darah.

Bukan hanya itu saja, bawang putih juga berfungsi sebagai ekspektoran dan dekongestan yang baik untuk saluran pernafasan.

Jadi kamu bisa mengonsumsi bawang putih untuk mengobati batuk pilek dan gangguan pernapasan lainnya.

Ternyata, menu makanan sehat dan bergizi sangat banyak jenisnya, ya. Yang perlu kita pastikan adalah bahwa kebutuhan nutrisi tubuh kita terpenuhi. Dengan begitu kamu bisa memiliki badan sehat, terhindar dari penyakit. (*)

0 Komentar