AWAS! Ini 5 Penyakit Vespa Klasik yang Sering Kambuh di Jalan, Begini Cara Mengatasinya

penyakit Vespa Klasik
Penyakit Vespa Klasik yang sering kambuh di jalan. (instagram/@rodaduasampetua)
0 Komentar

Tak heran jika karburator menjadi penyakit Vespa Klasik yang pertama muncul. Karburator memegang andil cukup penting pada pembakaran motor.

Komponen ini berfungsi mencampur bensin dan udara yang dikabutkan ke ruang bakar. Penyakit umum yang terjadi seputar karburator yaitu bagian mangkok, pilot dan main jet-nya kotor.

Hal ini biasa terjadi karena sisa-sisa debu dari filter yang terbawa masuk atau kotoran dari tangki yang ikut mengalir ke karburator.

Baca Juga:8 Tips Perawatan Vespa Klasik untuk Harian, Bikin Sekutermu Makin Topcer!Harga Gila, Tembus 300 Juta! Inilah 9 Vespa Klasik Paling diburu Kolektor

Bila karburator kotor, biasanya Vespa tarikannya agak brebet dan berat, kemudian tidak enak digeber untuk kecepatan tinggi.

2. Kabel Persneling

Penyakit Vespa Klasik berikutnya ada di bagian kabel persneling. Bagi para pemilik Vespa klasik tentunya sering mengalami masalah ini.

Indikasi kabel persneling yang bermasalah yaitu terasa keras, atau susah pada saat melakukan oper gigi, tak jarang juga sering selip atau nyangkut.

Jika hal ini terjadi, berarti kabel persneling bermasalah dan harus segera mengeceknya. Biasanya, terjadi kelonggaran pada kabel dan harus disetel ulang.

3. Busi

Busi Vespa yang menghitam dan berkerak. (instagram/@vespavictory)

Busi kerap menjadi pemicu penyakit Vespa Klasik seperti tiba-tiba mogok. Pada motor 2-tak, busi memang harus rajin diperhatikan.

Hal ini dikarenakan busi pada Vespa menghitam, berkerak atau bahkan sampai mati. Jika hanya menghitam dan berkerak busi bisa dibersihkan dengan bensin dan ampelas.

Namun jika mati total, kamu harus menggantinya. Biasanya, pemicu masalah busi adalah pada pemilihan oli samping yang kurang tepat.

Baca Juga:10 Vespa Klasik Paling Unik di Dunia, Bentuknya Keren dan Ikonik Banget!Deretan Selebriti Indonesia Penggemar Vespa Klasik, Ada Ayah Cipung dengan Vespa Harga 1M

4. Stut kopling

Perangkat ini juga butuh perawatan khusus. Sebab, kopling merupakan hal yang penting bagi motor yang menggunakan kopling manual seperti Vespa Klasik ini.

Masalah bagian kopling adalah bagian stut yang cepat aus. Sebab, bentuknya yang bulat pipih dan terbuat dari bahan kuningan ini sangat mudah aus jika terkena gesekan.

5. Masalah Pengapian

Platina Vespa. (instagram/@grafikavespa)

Penyakit Vespa Klasik yang tidak kalah fatal adalah masalah pengapian. Ada kalanya, busi Vespa menjadi mudah mati, karena masalah pengapian yang tidak maksimal.

0 Komentar