7 Jenis Privilege Ini Kadang Tidak Disadari, Apakah Kamu Memilikinya?

Jenis privilege yang berkembang di masyarakat
Jenis privilege yang berkembang di masyarakat. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Kelas Sosial

Orang kaya memiliki keuntungan yang tidak dapat diperoleh dari mereka yang tidak memiliki sumber keuangan seperti itu karena mereka memiliki akses yang lebih besar ke peluang. Dengan cara ini, sementara individu yang lebih kaya mungkin menghadapi kesulitan dalam hidup, kesulitan ini tidak disebabkan oleh peningkatan sumber keuangan mereka dengan cara yang sama seperti orang yang kekurangan kekayaan ditindas.

Penelitian menunjukkan bahwa berbicara tentang kelas sosial seringkali sulit karena diskusi ini biasanya mengangkat topik ras (topik yang tidak nyaman bagi banyak orang). Selain itu, percakapan ini juga dapat menegaskan fakta bahwa mereka yang berasal dari kelas yang lebih tinggi diberikan hak istimewa yang tidak dapat diakses oleh orang lain.

Penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas menengah cenderung berbicara tentang kelas sosial daripada siswa kelas pekerja dan memiliki sikap yang lebih menghukum daripada mereka yang ditindas oleh perbedaan kelas.

Baca Juga:Merasa Sangat Emosional, Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Merasa Demikian7 Tips Buat Kamu yang Akan Memulai Pekerjaan Baru

Jika mereka yang memiliki jenis privilege berupa kelas sosial menghindari membicarakannya dan bersikap negatif terhadap kelompok yang terpinggirkan, cara berpikir yang bermasalah ini akan terus berlanjut. Dengan ini, sangat penting untuk merasa nyaman mengakui jenis privilege yang kamu miliki sehingga kamu dapat menggunakannya untuk kebaikan.

Jenis Kelamin

Laki-laki memiliki keuntungan yang tidak dapat diperoleh dibandingkan jenis kelamin perempuan yang cenderung terpinggirkan.

Demikian pula, kesulitan yang dihadapi laki-laki bukan karena jenis kelamin mereka. Karena itu, jenis privilege gender menindas gender yang terpinggirkan dan berdampak negatif pada kehidupan mereka dalam berbagai cara.

Dalam bekerja menuju kebijakan gender yang lebih inklusif di sebuah universitas, para peneliti menemukan bahwa “pekerjaan memfasilitasi perubahan budaya, realitas yang sering harus terjadi, memakan waktu dan membutuhkan kemitraan melintasi garis kekuasaan dan hak istimewa tradisional.”

Kemampuan

Mengenai kemampuan, kelompok yang berbadan sehat memiliki kelebihan yang tidak dapat diperoleh dibandingkan kelompok yang cacat, yang berdampak pada kehidupan mereka. Mereka yang tidak mengalami disabilitas memiliki keistimewaan atas penyandang disabilitas.

Penelitian tentang pengalaman kemampuan menemukan bahwa 28,3% siswa penyandang cacat melaporkan telah mengalami agresi mikro di kelas pekerjaan sosial mereka, seperti meminimalkan atau mengabaikan masalah kecacatan, intimidasi, dll.

0 Komentar