Indonesia Masih Peringat 3 TBC Dunia, Program USAID Mentari TB Diapresiasi Wamenkes RI

Program USAID Mentari TB
PERINGATAN HTBS - Wamenkes RI Dante Saksono Harbuwono, Ketua MPKU PP Muhammadiyah HM Agus Samsudin, serta Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat launching perluasan pelibatan 4 RS Muhammadiyah dalam Penanganan TBC, Rabu (21/6/2023), di RSI Kendal. DOK ISTIMEWA
0 Komentar

Sementara Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah, HM Agus Samsudin menyampaikan, MPKU PP Muhammadiyah sebagai bagian dari Big Chain Hospital melalui program USAID Mentari TB memanfaatkan momentum ini untuk meluncurkan perluasan pelibatan 4 RS Muhammadiyah, diantaranya RS Islam Muhammadiyah Kendal, RS Islam Jakarta Pondok Kopi, RS Muhammadiyah Bandung, dan RS Siti Khadijah Muhammadiyah.

“USAID Mentari TB merupakan kegiatan kemitraan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dengan MPKU Muhammadiyah untuk mendukung eliminasi TB di Indonesia. Selain 4 RS turut meresmikan pelibatan 101 RSMA dalam program eliminasi TB sebagai jaringan RS Swasta Terbesar di Indonesia,” ujar Agus Samsudin.

Program USAID Mentari TB melaunching perluasan pelibatan 4 RS Muhammadiyah. (Foto: muhammadiyah.or.id)

Baca Juga:Polres Dorong Penguatan Poskamling di Kendal Demi Kawal Pemilu 2024 yang Sukses dan KondusifMaraton, Bupati Dico Serahkan Hibah Guru Agama Non Formal di 6 Kecamatan dalam 2 Hari

Adapaun USAID Mentari TB juga membuat program RS Programmatic Management of Drug Resistance Tubercolusis (PMDT) yang khusus mengelola pelayanan untuk pasien TB RO, Empat dari Enam RSMA yang menjadi RS PMDT di bawah program USAID Mentari TB berkontribusi 100% terhadap capaian notifikasi kasus TB RO di wilayah kabupaten setempat.

USAID Mentari TB juga telah melatih 4.113 tenaga kesehatan di RSMA sejak tahun 2021 hingga 2023 dan terus berkomitmen mengupayakan peningkatan kapasitas SDM kesehatan di RSMA.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang hadir dalam kegiatan ini pun turut memberikan apresiasi atas terobosan yang diberikan oleh MPKU PP Muhammadiyah melalui program USAID Mentari TB. Dia memastikan Pemerintah Daerah akan selalu mendukung program baik yang dapat mendukung dan membantu masyarakat.

“Harapannya dengan adanya ini tentu adalah fasilitas kesehatan yang ada di Kendal meningkat, saat ini kita bertujuan sama dengan melengkapi fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” jelas Bupati Dico.

Bupati juga menyatakan komitmennya untuk menggandeng dinas terkait guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit TBC ini. Dia juga berupata melalui peningkatan infrastruktur kesehatan yang baik untuk masyarakat.

“Kami siap berkolaborasi dan mendukung eliminasi TBC ini melalui fasilitas kesehatan yang lebih baik. Karena kesehatan ini menjadi bagian dari kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

0 Komentar