Kemudian, pembakarannya tidak optimal. Oli yang tidak terbakar secara maksimal akan tercampur keluar ke knalpot, biasanya oli mesin 4-tak akan jauh lebih ngebul.
Selain itu, oli mesin 4-tak tidak terbukti memberikan pelumasan yang lebih baik dari oli mesin 2-tak. Pembakaran yang tidak sempurna akan membuat mesin gampang overhit.
Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan oli mesin 2-tak sesuia dengan fungsinya, jika ingin mesin Vespa klasik kalian tetap sehat dan nyaman.
Baca Juga:Bikin Cepet Kaya! Ini 4 Rekomendasi Vespa Klasik untuk Investasi yang Bagus di Masa DepanTernyata Ini 4 Hal yang Bikin Vespa Klasik Bernilai Tinggi dan Jadi Incaran Kolektor, Adakah Semua di Vespamu?
2. Ban Ring 10 Lebih Baik dari Ban Ring 8
Ring 10 vs Ring 8 Vespa. (screenshot youtube/Wonderwheels Indonesia)
Hal kedua yang menjadi mitos di balik Vespa Klasik adalah anggapan bahwa ban ring 10 lebih baik dari ban ring 8.
Dapat diakui R10 memang lebih nyaman dibanding R8. Hal ini disebabkan karena R10 memiliki diameter yang lebih besar, sehingga dapat meminimalisir goncangan.
Akan tetapi, yang jadi masalah disini adalah ketika kalian memaksakan jenis Vespa dengan R8 menggunakan R10.
Ternyata ada hal lain yang dikorbankan ketika kalian melakukan hal tersebut, yakni pada tenaga mesin, akselerasi dan kemampuan Vespa untuk menanjak.
Vespa yang memang dirancang khusus menggunakan R8, maka semua spesifikasi mesin bahkan gear setnya juga sudah dirancang untuk memutar roda R8.
Jika hal tersebut dipaksakan artinya ada modifikasi diluar setelan pabrik, yang akibatnya bisa menurunkan akselesari dan kemampuan Vespa untuk menanjak turun drastis.
Baca Juga:3 Cara Merawat Vespa Klasik di Musim Hujan, Solusi Anti Karat dan Tetap Kinclong!5 Panduan Service Rutin Vespa Klasik, Apa saja yang Harus dicek?
Jadi, pertanyaannya apakah R10 lebih baik dari R8? Itu semua tergantung pada kebutuhan dari Vespa Klasik kalian.
R10 akan semakin bagus jika dipasang pada Vespa dengan setelan yang sama. Sebaliknya, jika R10 dipasang pada Vespa R8, dari kenyamanan memang oke, tetapi akan ada hal yang dikorbankan.
3. Platina Lebih Baik dari CDI atau Sebaliknya
Platina vs CDI. (screenshot youtube/@KAK NANANG AP)
Mitos di balik Vespa Klasik selanjutnya adalah adanya perdebatan antara Vespa dengan pengapian platina dan Vespa dengan pengapian CDI.