Efektif! Cara Mengelola Emosi Saat Marah

Efektif! Cara Mengelola Emosi Saat Marah
Efektif! Cara Mengelola Emosi Saat Marah (Frepik)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Manusia sebagai makhluk social pasti pernah berinteraksi. Kadang marah tak terkendali butuh cara mengelola emosi saat marah.

Jarang berinteraksi menyebabkan berada pada situasi kurang menguntungkan, menimbulkan kekecewaan, kedukaan, kesakitan dan bahkan situasi itu selalu datang bertubi tubi hingga pada titik sulit untuk dikendalikan.

Pada akhirnya tersulut emosi lantas menimbilkan kemarahan tak terkendali yang mengakibatkan banyak sekali kerugian bagi diri sendiri dan orang lain.

Ilustrasi Emosi (Image by wayhomestudio)

Baca Juga:Ga Sampai Sejuta! Ini 8 Rekomendasi Helm Bagus dan Terjangkau untuk Para Bikers SejatiMengambil Hikmah dari Kisah Nabi Ismail yang Rela untuk Dikorbankan

Viral sebuah video ibu ibu memarahi dan memukul seorang anak kecil dikarenakan ketinggalan kereta api. Calon penumpang kereta api mencoba mengingatkan ibu tersebut namun tetap saja marah. Hingga ibu tersebut diamankan oleh pihak keamanan dan menimbulkan trauma pada si anak.

Nah itulah gambaran emosi saat marah. Tentu mengelola emosi kemarahan bukan perkara mudah, tak jarang kita kesulitan dan masih belajar mengelola emosi.

Artikel ini akan membagi cara mengelola emosi saat marah dari Dr Michael Hershorn, seorang pakar psikolog membuat buku “mengelola kemarahan”.

Beliau menjelaskan cara mengelola emosi dengan C.A.R.E sebagai empat langkah yang harus dilakukan antara lain :

Comitment to Change (Komitmen untuk mengubah diri)

Cara mengelola emosi saat marah dengan komitmen untuk mengubah diri. Suatu perubahan tentu membutuhkan komitmen untuk berubah. Sehingga tidak berubah dengan sendirinya.

Tergantung dari pada lingkungan termasuk keinginan mengelola emosi. Dengan adanya komitmen tersebut, tentu akan memotivasi diri untuk mengelola emosi marah dan menjalankan teknik mengelola emosi.

Kita pun tidak akan mudah terpengaruh oleh kondisi sekitar yang menjadikan kita semakin jauh untuk bisa mengelola emosi marah, karena kita telah sadar atau berkomitmen untuk berubah.

Baca Juga:Belajar Keikhlasan dari Nabi IbrahimRekomendasi Motor Gede untuk Rider Pemula

Awareness of Your Early Warning Signs (Kesadaran akan pertanda kemarahan)

Ilustrasi cara mengeloa emosi saat marah (Image by azerbaijan_stockers)

Cara mengelola emosi saat marah dengan kesadaran akan pertanda kemarahan. Sebelum seorang melampiaskan amarah, tentu sebelumnya akan memiliki tanda tanda peringatan awal.

Sehingga tidak “meledak” atau “membentak” begitu saja. Dengan mengenali tanda tanda peringatan awal kemarahan.

0 Komentar