4 Cara Menjadi Support System untuk Pasangan

Support system untuk pasangan
Support system untuk pasangan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Setiap orang membutuhkan dukungan emosional, tetapi mungkin sulit untuk mengetahui bagaimana dan kapan memberikannya, terlebih menjadi support system untuk pasangan. Untuk menciptakan hubungan yang sehat, kamu ingin pasanganmu tahu bahwa kamu ada untuknya, sambil tetap memperhatikan kesehatan mentalmu sendiri.

Ada sejumlah strategi untuk menjadi support system untuk pasagan dengan cara yang sehat baik bagi dirimu dan pasangan.

Bagaimana Cara Menjadi Support System untuk Pasangan

Dengarkan Pasanganmu

Ketika pasanganmu terbuka kepadamu, penting untuk benar-benar mendengarkan dan memperhatikan. Sangat mudah untuk teralihkan, terutama ketika kita menjalani kehidupan yang begitu sibuk, tetapi penting bagi pasanganmu untuk memberikan perhatian penuh.

Baca Juga:6 Langkah Keluar dari Hubungan yang Tidak Sehat, Kamu Pasti Berhasil!Waspada 6 Contoh Red Flag dalam Hubungan

Kamu tidak boleh mengabaikan atau membatalkan apa yang mereka katakan atau rasakan, karena pada akhirnya setiap orang mengalami emosi yang berbeda dengan berbagai cara, dan tidak ada cara yang benar atau salah untuk menghadapinya.

Jika kamu tidak sepenuhnya hadir saat mendengarkan, kamu mungkin kehilangan informasi penting, yang mungkin membuat pasanganmu merasa bahwa kamu tidak tertarik atau tidak peduli dengan pikiran dan perasaannya. Mendengarkan secara aktif adalah praktik yang mendukung dan peduli ketika seseorang membuka diri untukmu, dan membantumu menjadi support system untuk pasangan yang baik.

Tanyakan Pasanganmu Apa yang Mereka Butuhkan dari Dirimu

Jika pasanganmu terbuka kepadamu dan kamu tidak yakin apa yang mereka butuhkan, kamu dapat menanyakan apa yang mereka cari saat itu. Pertanyaan yang bagus untuk meminta klarifikasi adalah: “Apakah kamu lebih memilih kenyamanan atau solusi saat ini?”

Jika pasanganmu hanya ingin curhat, mereka mungkin tidak dalam keadaan menerima atau menghargai nasihat dan merasa kesal dan tidak didengarkan. Studi telah menunjukkan bahwa laki-laki khususnya lebih cenderung ingin “memperbaiki” hal-hal untuk pasangan mereka daripada hanya mendengarkan. Itulah salah satu langkah yang bisa kamu ambil untuk menjadi support system untuk pasangan.

Parafrase dan Ulangi Kembali Apa yang Mereka Katakan

Dengan melakukan ini, kamu menunjukkan bahwa dirimu mendengarkan secara aktif, dan kamu memahami apa yang dikatakan pasanganmu. Itu juga memvalidasi apa yang dikatakan pasanganmu kepadamu. Ketika mereka selesai memberitahumu sesuatu, kamu dapat meringkas apa yang mereka katakan. Cara untuk mulai memparafrasakan dan mengulangi apa yang mereka katakan adalah, “Yang aku dengar darimuadalah…”

0 Komentar