7 Cara Mencapai Tujuan dan Mulai Tinggalkan Tekanan Resolusi yang Tidak Realistis

Mencapai tujuan
Mencapai tujuan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Di awal setiap tahun baru, kamu mungkin memiliki resolusi tinggi: lebih banyak memasak, menghabiskan lebih banyak waktu untuk berkreasi, lebih banyak berolahraga, belajar berbicara bahasa Italia. Tetapi seberapa sering kamu mencapai tujuan itu?

Seringkali tujuan ini terlalu kabur atau kamu tidak merencanakannya dengan baik. Dan mereka menambah tekanan untuk menjadikan tahun barumu lebih baik dari tahun sebelumnya.

Menetapkan dan mencapai tujuan terutama resolusi yang kamu buat di tahun baru terbukti menantang bagi beberapa orang dan tampak mustahil bagi orang lain. Penting untuk menjaga tujuanmu tetap realistis. Tetapi bahkan dalam menghadapi peluang yang cukup besar, kamu dapat menetapkan tujuan dan mencapainya. Namun, itu mungkin memerlukan perubahan perspektif.

Baca Juga:4 Langkah Menetapkan Tujuan dalam Hubungan dengan PasanganmuHanya 3 Elemen Kunci Hubungan yang Sehat, Sudahkah Kamu Tahu?

Kiat untuk Menetapkan dan Mencapai Tujuan

Apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain, jadi saat kamu melacak tujuanmu, perhatikan apa yang berhasil dan apa yang tidak. Mungkin menuliskan daftar tugas mingguan membuatmu lebih mungkin mencapai tujuan untuk menyelesaikan tugas. Mungkin mengirim SMS ke teman setiap hari membantumu tetap termotivasi.

Batasi Tujuanmu

Dr. Mitchell Brown merekomendasikan untuk menetapkan satu atau dua tujuan sekaligus, karena memiliki terlalu banyak tujuan meningkatkan risiko kamu tidak dapat mencapai tujuan tersebut.

Ini tidak berarti kamu tidak dapat membagi tujuanmu menjadi tujuan yang lebih kecil, tetapi memiliki terlalu banyak tujuan besar dapat membuatmu kewalahan dan sulit dilacak. Coba satu, gunakan metode penetapan tujuan, dan jika berhasil, tambahkan yang lain.

Menetapkan Mitra Akuntabilitas

Teman, anggota keluarga, terapis, dan/atau anggota komunitas online dapat membantumu tetap bertanggung jawab untuk mencapai tujuan. Mereka juga dapat mendukungmu saat kamu tidak mencapai tujuan sesuai rencana atau saat usahamu mulai goyah.

“Tidak ada aturan bahwa kamu harus melakukannya sendiri,” kata Dr. Mitchell Brown. “Menerbitkan tujuanmu dan membaginya dengan orang lain meningkatkan komitmenmu dan kemungkinan suksesmu dalam mencapai tujuan. Memiliki seseorang untuk menghiburmu atau membantumu tetap di jalur itu penting.

Gunakan Jurnal

Menulis jurnal memiliki banyak manfaat kesehatan mental dan dapat digunakan untuk menuliskan dan melacak tujuan SMART-mu, mengungkapkan rasa terima kasih, mengatasi tantangan, dan menetapkan niat untuk hari atau minggu tersebut.

0 Komentar