5 Tips Agar Kamu Bisa Mengambil Keputusan dengan Baik

Mengambil keputusan dengan baik
Mengambil keputusan dengan baik. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Dihadapkan dengan pilihan, orang terkadang kesulitan untuk mengambil keputusan dengan baik. Terlebih ketika mereka tidak bisa mempertimbangkan berbagai hal dalam pengambilan keputusan tersebut.

Artikel ini akan membantumu untuk bisa mengambil keputusan yang baik dalam berbagai situasi dengan mengeksplorasi 5 cara yang bisa kamu adopsi.

Kebiasaan Agar Bisa Mengambil Keputusan dengan Baik

Luangkan Waktu untuk Merefleksikan Kesalahanmu

Baca Juga:9 Kebiasaan yang Membentukmu Menjadi Pembuat Keputusan yang BaikKesejahteraan Psikologis: 7 Hal yang Buat Kamu Bahagia Secara Psikis

Apakah kamu meninggalkan rumah tanpa payung dan basah kuyup dalam perjalanan ke tempat kerja, atau menghabiskan anggaranmu karena kamu tidak dapat menolak pembelian impulsif, luangkan waktu untuk merenungkan di mana kesalahanmu.

Jadikan kebiasaan sehari-hari untuk meninjau kembali pilihan yang kamu buat sepanjang hari. Ketika keputusanmu tidak berjalan dengan baik, tanyakan pada diri sendiri apa yang salah sehingga kamu tidak mengambil keputusan dengan baik. Cari pelajaran yang bisa dipetik dari setiap kesalahan yang kamu buat sehingga kamu dapat mengambil keputusan dengan baik di kemudian hari.

Pastikan kamu tidak memikirkan kesalahanmu terlalu lama. Mengulangi kesalahan langkahmu berulang kali tidak baik untuk kesehatan mentalmu.

Batasi waktu refleksimu—mungkin 10 menit per hari sudah cukup untuk membantumu berpikir tentang apa yang dapat kamu lakukan dengan lebih baik besok. Kemudian ambil informasi yang kamu peroleh dan berkomitmen untuk membuat keputusan yang lebih baik di masa depan.

Akui Pintasanmu

Meskipun agak tidak nyaman untuk mengakuinya, kamu bias dalam beberapa hal. Tidak mungkin untuk sepenuhnya objektif.

Nyatanya, pikiranmu telah menciptakan jalan pintas mental—dikenal sebagai heuristik—yang membantumu membuat keputusan lebih cepat. Dan sementara jalan pintas mental ini membuatmu tidak bekerja keras selama berjam-jam untuk setiap pilihan kecil yang kamu buat, itu juga dapat mencegahmu melakukan kesalahan dan bisa membantumu mengambil keputusan dengan baik.

Heuristik ketersediaan, misalnya, melibatkan pengambilan keputusan berdasarkan contoh dan informasi yang langsung muncul di benak. Jadi jika kamu sering menonton berita yang menampilkan kebakaran rumah, kamu cenderung melebih-lebihkan risiko kebakaran rumah.

Baca Juga:7 Karakteristik Self-Esteem yang Rendah, Hati-Hati Terhadap Level Harga Dirimu4 Tanda Harga Diri yang Rendah, Pastikan Kamu Tidak Memilikinya!

Atau jika kamu telah membaca banyak berita tentang kecelakaan pesawat baru-baru ini, kamu mungkin berpikir peluangmu untuk meninggal dalam kecelakaan pesawat lebih tinggi daripada kecelakaan mobil (walaupun statistik menunjukkan sebaliknya).

0 Komentar