Rupanya Ini Lho 10 Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas, Salah Satunya Infeksi Serius!

penyebab bibir kering dan mengelupas
ilustrasi bibir kering/pixabay
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Berbeda dengan kulit wajah, kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga bibir mudah kering. Penyebab bibir kering dan mengelupas yang paling utama adalah kurangnya kelembaban pada area tersebut.

Namun, kurangnya perawatan pada bibir juga bisa mengakibatkan hal tersebut. Selain menimbulkan rasa tak nyaman, bibir kering juga mengganggu penampilan.

Kamu pastinya tidak mau kan kalau harus terus memiliki bibir kering dan tidak sehat? Oleh karena itu, ketahui beberapa penyebab bibir kering dan mengelupas berikut biar bisa mencegahnya.

1. Faktor Cuaca

ilustrasi cuaca panas/pexels

Baca Juga:Awas Salah Langkah, Cara Merawat Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit Ini yang Harus Diperhatikan Sejak Awal!Modal Murah, 7 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Biar Lembab Anti Kekeringan!

Penyebab bibir kering dan mengelupas yang satu ini cukup populer. Entah cuaca dingin ataupun kemarau, bisa menjadi penyebabnya.

Hal ini karena kulit bibir sensitif dengan suhu di luar. Suhu dingin bisa menyebabkan kekurangan kelembaban, sementara cuaca panas atau kemarau juga bisa menyebabkan peradangan dan luka.

2. Kurang Asupan Air

Tidak hanya menyebabkan sembelit, kurang asupan air pada tubuh juga bisa menjadi penyebab bibir kering dan mengelupas.

Untuk menghindari hal ini maka kamu bisa mengonsumsi air sebagaimana dianjurkan yaitu 2 liter perharinya. Jadi, dengan tubuh yang terhidrasi dengan baik maka bibir kamu pun akan lembab dengan sendirinya.

3. Menjilat Bibir

Apakah kamu berpikir salah satu cara menjaga kelembaban bibir adalah dengan sering menjilat bibir?

Tindakan itu tidak tepat. Menjilat bibir atau membasahi bibir dengan air liur sendiri hanya memberikan kelembaban yang sementara dan bukan solusi yang tepat.

Saat air liur di bibir tersebut terkena udara luar, maka ia akan menguap secara cepat dan justru jadi penyebab bibir kering dan mengelupas kembali.

Baca Juga:Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Kering? 10 Hal Berikut Wajib Kamu Lakukan agar Bibir Selalu Lembab7 Cara Mengatasi Kulit Kering Agar Selalu Terhidrasi dan Lembab, Tidak Cukup Wajah Saja yang Kamu Perhatikan

4. Menggigit Area Bibir

Salah satu penyebab bibir kering dan mengelupas yang lain adalah kebiasaan menggigit area bibir. Kebiasaan ini umumnya dilakukan saat merasa gugup, sedang berpikir, atau bahkan cemas.

Tapi perlu diketahui, menggigit bibir bisa menyebabkan iritasi pada bibir karena aktivitas gigi sehingga bisa saja lapisan bibir tersebut terkelupas dan berdarah.

0 Komentar