Cara Praktis Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tetap Sehat dan Segar Bugar

Cara Praktis Menjaga Kesehatan Tubuh agar Sehat dan Segar Bugar
Cara Praktis Menjaga Kesehatan Tubuh agar Sehat dan Segar Bugar (Twitter/@policxie)
0 Komentar

Dengan kualitas fisik yang baik, warna china mampu bekerja hingga 11 jam per hari. Mungkin berbeda dengan Indonesia yang sudah jenuh dan lelah bekerja 8 jam per hari.

Karena warganya sehat maka produktivitasnya juga tinggi. Membawa efek besar pada kemajuan negara.

Cara praktis menjaga kesehatan tubuh

1. Berolahraga dengan teratur

Olah Raga teratur (Twitter/@pixgulr)

Baca Juga:Cara Mengatasi Perilaku Konsumtif di Era Transaksi NontunaiRekomendasi 10 Daster Kesayangan Mama yang Bikin Papa Makin Cinta Mati

Cara praktis menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga teratur. Aktivitas ini tidaklah sulit jika ada niat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Aktivitas olah raga bisa dilakukan selama 30 menit dengan metode bermacam macam. Seperti sepakbola, lari kecil, lari keliling lapangan, senam, bersepeda dan jalan kaki.

Juornal of the Medical Association meneliti 40.000 wanita pasca menopause selama 7 tahun, menghasilkan data bahwa mereka yang berolahraga teratur memiliki kecenderungan 20 persen lebih rendah meninggal dibandingkan yang tidak pernah berolahraga.

2. Tidur yang berkualitas

Cara praktis menjaga kesehatan tubuh dengan tidur berkualitas. Mengusahakan tidur dibawah jam 11 malam dan jangan begadang membuat tubuh lebih fresh ketika bangun tidur.

3. Mengontrol kesehatan tubuh dengan metode melihat IMT

Cara praktis menjaga kesehatan tubuh dengan melihat indeks massa tubuh. Tujuannya apakah berat badan kita aman dari penyakit atau tidak.

Untuk menghitungnya menggunakan rumus Indeks massa tubuh (IMT) = berat badan (kg) : tinggi badan (m)².

Dikatakan berat badan normal ketika = IMT antara 18,5–24,9. Sedangkan Obesitas ketika IMT sama dengan atau di atas 30.

4. Menjaga Pola makan

Buah kaya akan antioksidan (Twitter/@GiaPratama)

Baca Juga:Obral! Harga Hanya 30 Ribuan Saja, Daster Kekinian Termurah dan Terlaris 2023Bagian Ternikmat Hewan Kurban saat Idul Adha, Jangan Sampai Kelewat!

Cara praktis menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan. Makan apa yang dibutuhkan oleh tubuh bukan apa yang diinginkan.

Usahakan menjauhkan makanan berlemak tinggi dan berkolestrol. Konsumsi lebih banyak serat seperti sayuran, vitamin seperti buah dan tinggi protein seperti tempe, tahu serta tinggi kalsium seperti daging, susu, keju dan lain lain.

5. Menjalankan Ibadah

Bagi seorang muslim menjalankan sholat memberikan ketenangan hidup. Dalam bukunya “Hidup Sehat dengan Sholat dan Tanpa Obat” karangan Dr Muhammad Sholeh meneliti mengenai sholat tahajud yang memiliki efek jitu.

Dalam hal ini sholat sebagai rangkaian dari meditasi tubuh dan memutus mata rantai hormone stress. Hal ini efektif untuk menguatkan sistem imun.

0 Komentar