Awas ! Dipanggil Embah Gara-Gara Ubanan, Ternyata Ini 5 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda, Apakah Ini Normal?

penyebab rambut beruban di usia muda
penyebab rambut beruban di usia muda. (instagram/@soclyfecom)
0 Komentar

Beberapa penelitian pun mengamini akan hal yang sama, bahwa faktor stres dapat memicu timbulnya stres oksidatif yang berakibat pada rusaknya sel rambut.

3. Faktor Defisiensi Vitamin B12

Defisiensi Vitamin B12 atau kekuragan asupan Vitamin B12 bisa menjadi salah satu penyebab rambut beruban di usia muda.

Vitamin B12 memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambut. Vitamin ini berperan sebagai penunjang sel darah merah yang bertugas mengangkut dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Baca Juga:5 Rekomendasi Tempat Camping Paling Populer di Purwokerto, Cocok Banget Buat Healing!Belum Banyak Orang tahu! Ini 5 Spot Camping Tersembunyi di Purwokerto, Berani Coba?

Sama halnya dengan rambut, jika kekurangan vitamin B12 maka sel rambut akan melemah dan mempengaruhi produksi pigmen warna rambut.

4. Faktor Kelenjar Tiroid

Penyebab rambut beruban di usia muda selanjutnya adalah adanya masalah pada kelenjar Tiroid. Hal ini terjadi jika kadar hormone tiroid mengalami penurunan.

Untuk meningkatkan proses melanogenesis atau membuat sel melanosit, maka dibutuhkan Hormon tiroid T3 dan T4 yang berhubungan langsung dengan folikel rambut.

Hormon ini berperan untuk menghasilkan melanin atau pigmen pada rambut. Yang mana untuk menjaga rambutmu tetap hitam.

Kelenjar tiroid yang terlampau aktif atau sebaliknya malah berdampak pada tubuh yang membuat melanin dalam jumlah yang lebih sedikit. Hal inilah yang berpotensi memunculkan uban.

5. Faktor Kebiasaan Merokok

Selain memengaruhi kesehatan paru-paru, ternyata merokok juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab rambut beruban di usia muda.

Ternyata, kebiasaan merokok bisa menyebabkan peningkatan kadar stres oksidatif yang berada pada melanosit sel rambut. 

Baca Juga:Wow, Keren Banget Asli! Ternyata Begini Cara Naik Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5Mengeksplore Wisata Bukit Tengtung Baturraden, Spot Ngecamp dengan View Cakep dan Fasilitas yang Lengkap Cuma 100 Ribuan!

Selain itu, zat racun yang terkandung pada rokok juga bisa berakibat pada kerusakan jaringan tubuh, termasuk folikel rambut.

Merokok juga menyebabkan pembuluh darah menyempit dan berdampak pada kurangnya asupan darah ke rambut, sehingga memicu rambut rontok. 

Jadi, jangan heran bagi kamu yang punya kebiasaan merokok dan tiba-tiba menjumpai uban pada rambutmu. Bisa jadi, merokoklah salah satu penyebabnya.

0 Komentar