Program ‘Save Our School’, Lazismu Tasarufkan Rp106 Juta untuk 12 Sekolah

save our school
Ketua PD Muhammadiyah Kota Pekalongan, M Hasan Bisyri saat menyerahkan secara simbolis bantuan dari Lazismu kepada perwakilan sekolah penerima.(foto/istimewa)
0 Komentar

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.ID – Lazismu Kota Pekalongan kembali melakukan pentasarufan hasil penghimpunan zakat, infak dan sedekah.

Kali ini pentasarufan dilakukan dalam program ‘Save Our School’ untuk 12 sekolah di bawah PD Muhammadiyah Kota Pekalongan.

Pentasarufan secara simbolis dilakukan dalam kegiatan yang digelar di RM Panderasa, Rabu (5/7/2023). Kegiatan dihadiri Ketua PD Muhammadiyah Kota Pekalongan, M Hasan Bisyri, perwakilan PD Aisyiyah, jajaran Badan Pengurus Lazismu dan juga perwakilan sekolah penerima.

Baca Juga:Pengalaman Mahasiswa KH Abdurrahman Wahid Pekalongan Merayakan Idul Adha di Philadelphia USA sebagai Student ExchangeKomisi C DPRD Kota Pekalongan Pertanyakan Teknis Pemusnahan Obat Tahun 2022

Total dana yang disalurkan dalam program kali ini sekitar Rp106 juta dalam berbagai bentuk, sesuai kebutuhan masing-masing sekolah.

Mulai dari pengadaan sarpras, perbaikan fisik bangunan sekolah, hingga untuk kebutuhan biaya operasional.

Ketua PD Muhammadiyah Kota Pekalongan, M Hasan Bisyri mengatakan, program dari Lazismu tersebut sangat membantu sekolah-sekolah di bawah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

Seperti sekolah yang membutuhkan sarpras, bantuan pemeliharaan, pembangunan fisik gedung maupun kebutuhan lainnya.

Meski demikian, menurutnya ke depan perlu disusun strategi sehingga sekolah-sekolah tersebut bisa berdiri sebagai sekolah yang mandiri.

“Kegiatan ini sangat membantu di tenga-tengah kondisi yang mungkin ada AUM yang secara keuangan memiliki kendala. Tapi strategi ke depan, kami ingin mengupayakan agar AUM ini menjdi AUM yang unggul. Dengan begitu bisa menjadi AUM yang mandiri,” katanya yang ditemui usai kegiatan.

Mengenai langkah kongkrit yang akan dilakukan, dikatakan Hasan Bisyri strategi teknis perlu didiskusikan lebih lanjut. Namun secara umum, tujuan besarnya adalah membawa AUM agar bisa mandiri.

Baca Juga:BI Tegal Gandeng 3 Perguruan Tinggi untuk Sosialisasikan Transaksi Digital dan QRIS Lewat KKNMasjid Al Hikmah Podosugih Potong 17 Sapi dan 2 Kambing untuk Kurban

“Dengan menjadi AUM yang mandiri, maka program yang parsial seperti ini tidak perlu ditonjolkan. Mungkin nanti ke depan kami akan satukan menjadi satu program besar,” jelasnya.

Program ‘Save Our School’ Bantu Ringankan Beban Sekolah

Jajaran pengurus PDM, Lazismu dan perwakilan sekolah berfoto bersama usai penyerahan bantuan program Save Our School.(foto/istimewa)

Sementara Wakil Ketua Badan Pengurus Lazismu Kota Pekalongan, Ahmad Sugeng mengatakan, program ‘Save Our School’ merupakan salah satu program rutin dari Lazismu Kota Pekalongan.

0 Komentar