Etika dasar di internet sama pentingnya denga napa yang berlaku dunia nyata—dan dampak etika dasar di internet yang buruk (juga dikenal sebagai etiket online atau etiket Internet) dapat menghantuimu lebih lama.
Menurut Avigail Lev, PsyD, Pendiri dan Direktur Pusat CBT Bay Area, etiket online yang baik penting karena berbagai alasan. “Ini mendorong interaksi online yang positif dan membantu menjaga lingkungan digital yang saling menghormati dan aman,” jelasnya.
Aturan emas etika dasar di internet bermuara pada satu pedoman dasar: Jangan melakukan atau mengatakan secara online apa yang tidak akan ksmu lakukan atau katakan secara offline.
Baca Juga:Phone Anxiety atau Telefobia: Ketika Kamu Cemas Karena Ponsel dan 5 Cara MenghadapinyaMengenal Paruresis, Ketika Orang Fobia Menggunakan Toilet Umum
Sebelum memposting komentar, pembaruan status, atau gambar, tanyakan pada dirimu apakah kamu merasa nyaman membagikannya secara langsung. melanjutkan. Jika tidak, jangan mempostingnya.
4 Contoh Etika Dasar di Internet
Ikuti aturan etika dasar di internet ini untuk menghindari kerusakan hubungan online dan offline serta melindungi reputasimu.
Jadikan Orang Nyata sebagai Prioritas
Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada mencoba bercakap-cakap dengan seseorang yang sibuk dengan ponsel, tablet, atau perangkat elektronik lainnya. Ini sangat penting jika orang lain itu adalah teman kencan, pasangan, atau anakmu.
Terus-menerus memeriksa email, pesan suara, atau Facebook, mengirimkan pesan bahwa kamu tidak peduli dengan mereka. Bisa juga menjengkelkan dan menyakitkan untuk bersama seseorang yang sedang bercakap-cakap tanpamu.
Jika seseorang mencoba berbicara dengan dirimu saat menggunakan ponsel, tablet, atau komputermu, hentikan apa yang kamu lakukan dan lihatlah mereka. Apapun yang terjadi di dunia online umumnya bisa menunggu, itulah etika dasar di internet yang pada kenyataannya berhubungan dengan kehidupan di dunia nyata.
Jika kamu mengharapkan telepon, email, atau SMS penting, beri tahu orang yang kamu kenal sebelumnya dan minta maaf atas gangguan tersebut.
Terus jadikan orang sungguhan sebagai prioritas saat berada di tempat umum seperti restoran, angkutan umum, toko, lift, dan perpustakaan. Kamu dapat melakukannya dengan tidak melakukan percakapan telepon saat berada di ruang bersama ini, serta dengan membisukan notifikasi suaramu.