Nggak Pahit dan Kaya Khasiat! Ini Cara Merebus dan 4 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

manfaat daun pepaya untuk kesehatan
ilustrasi manfaat daun pepaya untuk kesehatan/youtube
0 Komentar

2. Mengobati gejala demam berdarah

ilustrasi nyamuk/pexels

Demam berdarah tergolong cukup berbahaya karena bahkan bisa menyebabkan kematian. Demam berdarah disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti sehingga muncul gejala seoerti flu.

Biasanya berupa sakit kepala, kelelahan, demam, mual, muntah, dan yang paling gampang ditandai adalah adanya ruam di kulit. Untuk mengatasi gejala demam berdarah tersebut ada beberapa obat yang tersedia yang mana salah satunya adalah daun pepaya.

Terkait manfaat daun pepaya untuk kesehatan ini dibuktikan dengan tiga penelitian pada manusia yang melibatkan banyak orang dengan demam berdarah. Hasilnya, ekstrak daun pepaya bisa meningkatkan kadar trombosit secara signifikan.

Baca Juga:Gratisan Hilangkan Lingkaran Hitam! Ini 4 Cara Memanfaatkan Teh Hijau untuk Mata Panda, Tanpa Modal Cuma Pakai Kantong Teh BekasDisebutkan di Dalam Al-Qur’an! Ini 6 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan, Salah Satunya Mempertahankan Berat Badan

3. Bagus untuk kesehatan kulit

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang lainnya adalah bisa untuk membantu menyehatkan kulit.

Mendapatkan manfaat daun pepaya ini bisa dilakukan dengan makan secara langsung atau mengoleskannya sehingga bisa untuk menjaga kulit agar tetap lembut, bersih, dan terlihat awet muda.

Papain, yang merupakan enzim pelarut di dalam daun pepaya bisa digunakan sebagai eksfolian untuk mengankat sel kulit mati sehingga pori-pori pun tidak akan tersumbat karena bersih.

Jika pori-pori bersih, resiko munculnya jerawat pun juga berkurang. Terlebih kalau kulit kamu memiliki luka, maka kamu bisa memanfaatkan enzim papain tadi untuk menyembuhkannya.

4. Memiliki efek anti inflamasi

Terakhir, manfaat daun pepaya untuk kesehatan adalah mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang memiliki potensi anti radang. Beberapa di antaranya daalah papain, flavonoid, dan juga vitamin E.

Ekstrak daun ini bisa untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada hewan dengan radang sendi. Sementara efeknya untuk radang sendiri manusia sendiri belum terdapat penelitian yang lebih lanjut.

Itulah beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang bisa kamu coba, tapi tetap pastikan imbangi dengan gaya hidup yang bagus serta konsultasi dokter terkait. (*)

0 Komentar