7 Langkah Menaikkan Mood, Hindarkan Kamu dari Gangguan Suasana Hati

Menaikkan mood
Menaikkan mood. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Gangguan afektif musiman (SAD): Sebelumnya dikenal sebagai gangguan depresi mayor dengan pola musiman. Gangguan ini ditandai dengan gejala depresi yang umumnya terjadi selama bulan-bulan musim dingin, saat sinar matahari alami berkurang. Gejala SAD mungkin termasuk kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan penarikan sosial.

Cyclothymia: Gangguan ini ditandai dengan bentuk mania dan depresi yang lebih ringan. orang dengan gangguan siklotimik mungkin memiliki periode suasana hati normal yang relatif singkat di antara episode.

Cara untuk Menaikkan Mood

Setiap orang mengalami periode suasana hati yang rendah dari waktu ke waktu, tetapi beberapa strategi dapat membantumu menaikkan mood saat merasa sedih. Beberapa tips untuk menaikkan mood antara lain:

Berolahraga Secara Teratur

Baca Juga:3 Faktor yang Menentukan Mood, Pahami Mengapa Suasana Hatimu BerubahIkuti Ini! 8 Langkah untuk Meningkatkan Tingkat Produktivitas

Olahraga dapat membantu menaikkan mood, antara lain dengan melepaskan endorfin, yaitu zat kimia yang memiliki efek menaikkan mood. Studi telah menemukan bahwa olahraga dapat berperan dalam meningkatkan suasana hati. Selain berpotensi mencegah dan mengurangi gejala depresi, satu sesi olahraga dapat segera meningkatkan suasana hati

Makan Diet Sehat

Makan makanan bergizi dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan kesejahteraan secara keseluruhan, dan bukti menunjukkan bahwa apa yang kamu makan juga dapat berdampak pada suasana hati. Kaitan antara pola makan dan depresi belum sepenuhnya dipahami, namun ada pemahaman yang berkembang bahwa apa yang kamu makan dapat memberikan beberapa manfaat untuk menaikkan mood dan melawan depresi.

Penelitian menunjukkan bahwa kepatuhan yang tinggi terhadap rekomendasi diet mungkin memiliki efek perlindungan terhadap gejala depresi. Konsumsi makanan yang terkait dengan peradangan (seperti makanan olahan tinggi gula dan lemak serta daging merah) dikaitkan dengan risiko gejala depresi yang lebih tinggi.

Habiskan Waktu di Alam

Berhubungan dengan alam dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi. Satu studi menemukan bahwa hanya 10 menit yang dihabiskan untuk duduk atau berjalan dalam suasana alami memiliki dampak positif yang signifikan pada suasana hati atau mood.

Terhubung Dengan Orang Lain

0 Komentar