4 Teori Motivasi, Kenali Asal-Usul Dorongan dalam Dirimu dan Bagaimana Membangkitkannya

Teori motivasi
Teori motivasi. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Setiap orang mengalami fluktuasi dalam motivasi dan kemauan mereka. Terkadang kamu merasa bersemangat dan sangat terdorong untuk mencapai tujuanmu. Di lain waktu, kamu mungkin merasa lesu atau tidak yakin dengan apa yang kamu inginkan atau bagaimana mencapainya. Kamu akan lebih mudah memahami fluktuasi ini dengan memahami beberapa teori motivasi yang ada dalam artikel ini.

Namun, sebelum sampai pada teori motivasi tersebut, kamu pelru tahu bahwa jika motivasimu rendah, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk membantu meningkatkan motivasimu. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan atau meningkatkan motivasimu antara lain:

  • Sesuaikan tujuanmu untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting bagi dirimu. Berfokus pada hal-hal yang benar-benar penting bagimu akan membantu mendorongmu melalui tantangan lebih dari tujuan berdasarkan hal-hal yang kurang penting.
  • Jika kamu menangani sesuatu yang terasa terlalu besar atau berlebihan, pecahkan menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Kemudian, tetapkan pandanganmu hanya untuk mencapai langkah pertama.
  • Tingkatkan rasa percaya dirimu. Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi. Jadi, meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilanmu dapat memengaruhi kemampuanmu untuk mencapai tujuanmu.
  • Ingatkan dirimu tentang apa yang telah kamu capai di masa lalu dan di mana letak kekuatanmu. Ini membantu menjaga keraguan diri dari membatasi motivasimu.
  • Jika ada hal-hal yang membuatmu merasa rendah diri, cobalah untuk berusaha meningkatkan area tersebut agar kamu merasa lebih terampil dan mampu.

Penyebab Rendahnya Motivasi

Tidak terlepas dari teori motivasi yang akan dijelaskan berikutnya, dda beberapa hal yang harus kamu perhatikan yang mungkin menyakiti atau menghambat tingkat motivasimu. Ini termasuk:

Baca Juga:3 Komponen Utama Motivasi, Raih Ini untuk Bangun Dorongan dalam DirimuWaspada! Ini Buruknya Kamu Terlalu Percaya Diri

Pemikiran semua-atau-tidak sama sekali: Jika kamu berpikir bahwa kamu harus benar-benar sempurna saat mencoba mencapai tujuanmu atau bahwa tidak ada gunanya mencoba, satu kesalahan kecil atau kekambuhan dapat menghilangkan motivasimu untuk terus maju.

Percaya pada perbaikan cepat: Sangat mudah untuk merasa tidak termotivasi jika kamu tidak dapat segera mencapai tujuanmu, tetapi mencapainya seringkali membutuhkan waktu.

0 Komentar