Manfaat Daun Kelor untuk Penurun Darah Tinggi dan Saran Penyajiannya

Manfaat Daun kelor untuk Penurun Darah Tinggi dan Saran Mengolahnya
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.IDDaun kelor memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, adanya manfaat daun kelor untuk penurun darah tinggi.

Menurut laporan Medical News Today, daun kelor atau the drumstick tree mengandung senyawa yang bersifat antijamur, antivirus, antidepresan, serta anti-inflamasi.

Tumbuhan yang berasal dari India ini sudah banyak ditemui di Afrika, Amerika Selatan, hingga Asia, termasuk Indonesia

Manfaat Daun kelor untuk penurun darah tinggi (Twitter/@cafebisnis)

Baca Juga:Gratis dan Gampang! 6 Tips Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat15 Minuman dan Makanan Pantangan buat Penderita Darah Tinggi

Daun kelor merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral cukup tinggi. Daun kelor mengandung vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, serta vitamin C.

Daun kelor juga memiliki kandungan penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta rendah kalori. Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.

Mungkin ada yang heran saat tahu kalau daun kelor ternyata bisa di sayur. Padahal air rebusan dan sayuran daun kelor memiliki banyak manfaatnya seperti menurunkan angka stanting dan mengontrol tekanan darah tinggi.

Sup daun kelor (Twitter/@foodfes)

Selain daun kelor menjadi bahan makanan sayur. Daun kelor juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam olahan pangan, seperti pudding, cake, nugget, biscuit, cracker, dan lain-lain.

Dalam jurnal ilmiah berjudul Moringa Oleifera is a Prominent Source of Nutrients with Potential Health Benefits yang dipublikasi pada 2021, dilaporkan bahwa kandungan vitamin C dalam daun kelor disebut tujuh kali lipat lebih banyak dari jeruk.

Begitu juga dengan kandungan kalsium, 17 kali lipat dari susu. Sementara kandungan vitamin sepuluh kali lipat dari wortel dan potasium 15 kali lipat dari pisang.

Manfaat daun kelor bagi kesehatan

1. Menurunkan kolesterol dan Tekanan darah

Manfaat daun kelor untuk penurun darah tinggi dan mencegah kolesterol tinggi. Hal itu karena daun kelor memiliki kandungan zat hiocarbamate glikosida, dan nitrile yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Baca Juga:Mudah! Ini 3 Cara Menurunkan Gula Darah secara Alami ala dr Zaidul Akbar, Dijamin Manjur!Lengkap dan Manjur! 32 Makanan untuk Penurun Darah Tinggi

Senyawa-senyawa itu terdapat dalam bahan alami yang bisa menurunkan risiko penebalan arteri. Dengan begitu, tekanan darah pun menjadi lebih terkontrol.

2. Mengatasi Diabetes

0 Komentar