Dalam menetapkan harga yang bisa bersaing bisa dengan cara dipetakan terlebih dahulu. Apakah harga produk itu untuk produk premium, produk diskon atau promo.
Produk yang ditawarkan dengan promo biasanya untuk mendongkrak penjualan. Ketika penjualan naik maka pembelian juga naik.
Kamu bisa pakai untuk meningkatkan dulu brand awareness kepada calon pelanggan. Walaupun secara margin keuntungan lebih kecil daripada harga produk normalnya.
Baca Juga:Begini 6 Tips Menentukan Produk untuk Marketing Online, Insya Allah Berkah!Maksimalkan 3 Detik Pertama, Strategi Digital Marketing TikTok ini Pasti Sukses Gaet Pembeli
Rentang harga juga jangan sampai terpaut jauh dengan produk lainnya. Karena kalau kemahalan tapi kualitas produk tak jauh beda apalagi sama pembeli cenderung akan memilih produk lama. Itulah yang biasanya terjadi.
3. Place atau Tempat
Bittersweet by najla adalah brand dessert Box nomer 1 di Indonesia! yuk simak apa saja strategi marketingnya? (Instagram :Bittersweetbynajla)
Tempat juga layak untuk dipertimbangkan. Karena kalau tidak dipikirkan akan menyulitkan perusahaan sendiri.
Menyoal tempat ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Karena kalau sampai kejauhan, akan membuat barang atau produk tak laku.
Diantara hal yang harus dipertimbangkan adalah saluran distribusi manajemen rantai persediaan barang. Saluran distribusi seperti apa yang ada dan sekarang tersedia.
Apakah hanya berupa fisik atau secara online perlu dipikirkan. Karena kalau tidak, ketika ada yang beli, kamu malah bingung.
Perhatikan juga manajemen pasokan barang atau produk. Ketika kamu paham alurnya, maka kamu bisa menjelaskannya kepada pembeli.
Baca Juga:8 Rahasia Cara Memaksimalkan Algoritma TikTok, Saatnya Bikin Kontenmu FYP Terus!Memahami Cara Kerja Algoritma TikTok 2023 dan Raih Pendapatan Sampingan Jutaan Rupiah, Ngonten jadi Bersemangat
4. Promotion atau Promosi
Roti gembong gedhe khas Kalimantan Timur belakangan semakin hits menjadi kuliner pilihan anak muda.
Contoh penerapan strategi marketing 4P juga bertugas untuk mempromosikan sebuah produk. Promosi dapat dilakukan dengan beragam sarana. Baik melalaui online maupun offline semua bisa dilakukan.
Kamu harus tahu kalau iklan, Public Relation, dan pemasaran langsung adalah ruang lingkup yang sama dengan promosi. Kamu bisa lakukan melalui sosial media, website atau turun langsung ke jalan.
Selain iklan dan gencarnya melakukan promosi, kamu juga perlu membangun citra positif melalui Public Relation. Misalnya saja perusahaan terlibat dalam membantu memberikan bantuan modal kepada usaha kecil.
Seperti yang banyak dilakukan oleh perusahaan besar macam BRI, BCA dan lainnya yang bekerja sama dengan pemerintah setempat. Misalnya saja bantuan modal buat penjual bakso.