Melacak Suasana Hati Biar Kamu Good Mood Setiap Hari, Ini 7 Tips-nya!

Melacak suasana hati
Melacak suasana hati. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Jujur. Meskipun mungkin tergoda untuk mengabaikan perasaan negatif dan hanya mencatat yang positif, penting untuk terus terang.

Lacak juga suasana hati yang gembira. Terkadang lebih mudah mengingat untuk melacak suasana hati yang muncul saat kamu merasa sedih dan mengabaikan pelacak suasana hati saat kamu merasa lebih baik. Tetapi penting untuk melihat pola suasana hatimu secara keseluruhan, baik dan buruk. Jadi, lakukan upaya sadar untuk melacak suasana hati pada waktu yang berbeda sehingga kamu dapat sepenuhnya menangkap seluruh rentang suasana hatimu bekerja.

Periksa secara berkala. Salah satu cara untuk memastikan bahwa kamu menangkap pola suasana hati adalah dengan merekam suasana hati yang ada dalam dirimu pada periode waktu yang teratur sepanjang hari. Misalnya, kamu dapat merekam suasana hatimu di pagi, siang, dan sore hari. Berguna untuk melihat bagaimana perasaanmu berfluktuasi dari waktu ke waktu. Jika beberapa pembaruan per hari terlalu banyak, check-in harian yang sederhana mungkin lebih bermanfaat.

Baca Juga:7 Pilihan Jenis Mood Tracker: Pilih Pelacak Suasana Hati yang Paling Cocok Untukmu7 Langkah Menaikkan Mood, Hindarkan Kamu dari Gangguan Suasana Hati

Tantangan Potensial

Tentu saja, pelacak suasana hati hanya berguna jika kamu membuatnya. Seperti banyak alat kesehatan mental, kepatuhan mungkin merupakan tantangan yang paling mendesak bagi banyak orang. Kamu harus secara konsisten menggunakannya, karena ia tidak bisa bekerja sendiri dan kamu terima hasilnya saja.

Mengingat untuk melacak suasana hati secara teratur tidak selalu mudah, meskipun aplikasi yang memungkinkan kamu menyetel pengingat dan pemberitahuan dapat membantu mengatasi beberapa tantangan ini. Ada kalanya kamu merasa malas atau harimu terlalu penuh dengan agenda lain sehingga kamu merasa tidak memiliki waktu untuk sekadar membuka mood tracker dan menuliskan atau mencatat sesuatu di sana.

Jika kamu kesulitan mengikuti pelacak suasana hatimu, pertimbangkan untuk menyetel pengingat atau notifikasi harian di ponselmu. Buat dirimu selalu ingat bahwa kamu perlu untuk merekam mood yang kamu alami dalam berbagai situasi.

**AN

Referensi Verywellmind

0 Komentar