Pernah Merasakan Kram Kaki di Malam Hari? Awas! Begini 6 Tanda Kolesterol Tinggi di Kaki, Kamu Wajib Tahu Sebelum Terlambat

Tanda kolesterol tinggi di kaki
ilustrasi kolesterol tinggi/youtube
0 Komentar

Jika hal ini terjadi padamu, jangan khawatir berlebihan. Sebagai langkah pertama kamu bisa menghilangkan kram terlebih dahulu. Caranya adalah duduk di kasur atau kursi dengan membiarkan kedua kaki menggantung di bawah.

Dengan cara seperti itu selanjutnya gravitasi akan membantu mengalirkan darah ke ujung kaki. Jika terjadi terus menerus maka jauh lebih baik kalau kamu cek kadar kolesterol kamu.

4. Kebas di Area Kaki

ilustrasi memegang kaki/pexels

Selain nyeri dan kram, kamu juga perlu waspada jika merasa kebas di area kaki. Bisa jadi kebas yang kamu rasakan adalah salah satu tanda kolesterol tinggi di kaki.

Baca Juga:Bisakah Memakai Teh Hijau untuk Wajah Berjerawat? Ternyata, Ada 2 Cara Mudah dan Efektif yang Bisa Kamu Coba LhoNggak Suka Obat atau Jamu? Ini 4 Minuman Segar Turunkan Kolesterol, Cocok Dikonsumsi Kapanpun

Kebas tersebut terjadi karena kurangnya aliran darah menuju kaki hingga akhirnya timbul sensasi kebas. Kebas biasanya akan terasa di area telapak kaki dan jari-jari kaki.

5. Kaki Terasa Dingin

Kamu juga perlu waspada jika kakimu terasa dingin terus menerus. Jika dingin setelah bersentuhan dengan air atau pada musim penghujan, itu adalah hal wajar. Tapi kalau terjadi tanpa sebab itu sekalipun dalam musim panas, maka kamu harus waspada.

Kaki yang terasa dingin bisa jadi salah satu tanda kadar kolesterol di dalam darah sudah terlalu tinggi. Laju aliran darah menuju kaki jadi melambat menyebabkan sensasi dingin tersebut. Hal ini bisa terjadi pada salah satu kaki saja, atau kedua kaki kanan dan kiri.

6. Perubahan Warna Kuku dan Kaki

Dilansir dari Times of India, salah satu tanda kolesterol tinggi di kaki adalah adanya perubahan warna kuku dan kaki.

Sel-sel kaki yang tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang baik karena kurangnya aliran darah yang membawa oksigen menyebabkan masalah tersebut.

Lebih detailnya, kulit akan tampak kencang dan berkilau. Kuku di jari kaki juga akan berkembang secara lambat. Bahkan, rambut kaki akan terlihat semakin menipis.

Jika beberapa tanda kolesterol tinggi di kaki tersebut terjadi padamu, jangan terlalu khawatir. Tenangkan diri terlebih dahulu, dan pastikan kebenarannya dengan cek kadar kolesterol. (*)

0 Komentar