Survei Lakpesdam NU Kota Pekalongan 2023: Publik Berikan Respon Sekolah NU Pilihan Favorit dan Jumat Hari Libur Favorit

Survei Lakpesdam NU Kota Pekalongan
Hasil survei tanggapan publik terhadap Eksistensi Sekolah oleh Lakpesdam NU Kota Pekalongan Tahun 2023. (Dok/Lakpesdam)
0 Komentar

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.ID – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Kota Pekalongan, meluncurkan Survei Eksistensi Sekolah di Kota Pekalongan tahun 2023 dengan mengambil sampel 370 responden dari 4 Kecamatan di kota tersebut.

Tercatat ada sebanyak 67,6% merupakan orang tua siswa (wali murid), 16,2% pengasuh siswa/murid, dan 16,2 lainnya adalah keluarga siswa/murid yang memberikan tanggapan.

Jajak pendapat yang dikeluarkan Lakpesdam NU Kota Pekalongan menunjukkan sejumlah kejutan pada awal tahun ajaran baru.

Baca Juga:MTs Al Maliki Cendekia Sudah Dapat Santri untuk Dua Kelas di Tahun PerdanaRibuan Warga Mengikuti Pelayanan Medis Gratis di Ponpes Al Hikmah 2

Hasil Survei Lakpesdam NU Kota Pekalongan

Hasil survei Lakpesdam NU Kota Pekalongan yang dihimpun pada Jumat (14/07/2023), menyebutkan, dari total 370 responden, sebanyak 91,9% memiliih Sekolah NU/Yayasan di bawah naungan NU sebagai lembaga pendidikan yang dipilih dan 7,5% memilih sekolah negeri dan 0,6 memberi pendapat lainnya.

Indeks pendapat responden yang memberikan alasan memilih sekolah NU tersebut, sebanyak 89,9% beralasan faktor kurikulum agama yang diajarkan. Disusul 10,5% memberi alasan biaya gratis dan 0,6 beralasan jarak dekat.

Ketua Lakpesdam NU Kota Pekalongan, Muhammad Ilman Nafia, S.H., M.H. menjelaskan, “Memang sekolah yang memadukan antara kurikulum nasional dan muatan lokal berbasis pemahaman kegamaan seperti sekolah-sekolah NU atau yayasan di bawah naungan NU di Kota Pekalongan masih dominan,” ujarnya.

Namun demikian, para responden dalam survei tersebut, juga memberi penilaian tertinggi kepada sekolah sebagai tempat pondasi pendidikan dan mental oleh 59,5% tanggapan. Sedang 32,4% lainnya menilai sekolah menjadi tempat pengembangan pendidikan anak dan 0,6 lainnya menilai sekolah sebagai pengembangan sosial anak.

Sistem Pendidikan Nasional pun tidak ketinggalan mendapat tanggapan dari responden dalam survei Lakpesdam NU Kota Pekalongan.

Ada 45,9% memberi tanggapan kurikulum mengalami banyak persoalan. Sejumlah 32,4% responden lainnya menilai sistem pendidikan menglami perubahan dan 21,6% lainya menggangap sekolah masih menjadi tempat kepercayaan publik didunia pendidikan.

Hal lainnya yang menjadi perhatian oleh responden dalam survei tersebut, mengenai persoalan fasilitas sekolah yang ada di Kota Pekalongan. Total 43,2% mengatakan baik dan 37,8% mengatakan cukup serta 18,9% mengatakan perlu perbaikan.

Baca Juga:Ketua Kontingen Kemenkumham Gelorakan Semangat Atlet Pornas Korpri 2023Wujud Peduli Lingkungan, Personel Polres Pekalongan Kota Bersih Bersih Pantai dan Sungai Loji

Termasuk halnya tenaga pendidik di sekolah tidak lepas dari tanggapan responden, yang mana 59% menilai perlu perbaikan dalam cara mendidik anak dan 24,4% menilai perlu peningkatan dalam hal penguasaan teknologi dan 16,2% perlu perbaikan pada pola komunikasi.

0 Komentar