Simpel Banget! Berikut Resep Tumis Bawang Merah yang Viral di Tiktok Plus 5 Manfaatnya

resep tumis bawang merah
resep tumis bawang merah bisa banget jadi temen makan nasi panas
0 Komentar

Manfaat Bawang Merah

Bawang merah ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh (foto: freepik.com)

Bawang merah mengandung senyawa alami yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, dan memiliki sifat antiinflamasi.

Studi Phytotherapy Research pun membuktikan bahwa bawang merah adalah sumber antioksidan. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat bawang merah ntuk kesehatan tubuh mu lho.

Baca Juga:Dijamin Empuk Dan Tidak Bau! 2 Resep Kreasi Sate Kambing ala Chef Devina Hermawan, Mertua Pasti Makin SayangAnti Bosen! 3 Resep Masakan Olahan Ayam Berkuah, Dijamin Makan Makin Lahap

1. Baik untuk kesehatan jantung

Mengkonsumsi bawang merah juga dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah. Kandungan sulfur pada bawang merupakan komponen yang berpengaruh pada kesehatan jantung.

2. Memiliki efek antialergen

Dalam sebuah penelitian tahun 2019 yang dipublikasikan di Pubmed menunjukkan bahwa bawang merah memiliki efek antialergi.

Suplementasi oral bawang merah yang dikombinasikan dengan obat cetirizine memberikan efek penyembuhan yang lebih baik dibandingkan dengan obat tunggal.

Zat kuersetin pada bawang merah bisa mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh memproduksi histamin.

3. Melawan radikal bebas

Manfaat bawang merah berikutnya adalah dapat meningkatkan imunitas.Kandungan polifenol dalam bawang berfungsi sebagai antioksidan untuk memproteksi tubuh dari radikal bebas.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menghilangkan radikal bebas berarti bisa membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan serta kekebalan tubuh.Itulah mengapa, konsumsi bawang merah yang tentunya diimbangi dengan makanan bergizi seimbang lainnya bisa membuat kamu terhindar dari berbagai penyakit.

5. Memperbaiki sistem pencernaan

Bawang merah ternyata bagus untuk memperbaiki sistem pencernaan

Baca Juga:Pasti Seger Banget! Inilah 4 Resep Sayur Asem Khas Nusantara, Cocok untuk Sajian Makan SiangAnti Kolesterol! 5 Resep Lauk Serba Kukus Tanpa Minyak, Lezat dan Sehat

Salah satu kegunaan bawang merah adalah dapat memperbaiki sistem pencernaan.Bawang merah mengandung serat sehingga membantu proses pencernaan.

Buang air besar pun bisa berlangsung teratur.Tak hanya itu, bawang merah juga mengandung jenis serat larut khusus, oligofruktosa, untuk mendorong tumbuhnya bakteri baik di usus.

Dan masih banyak lagi manfaat yang ada di dalam bawang merah untuk kesehatan lainnya. Jadi kamu tak perlu ragu lagi buat recook masakan tumis bawang merah yang tengah viral ini. Karena selain rasanya yang lezat, ternyata juga disertai dengan banyak manfaat bagi tubuhmu. Selamat mencoba! (PEH)

0 Komentar