WASPADA ! 5 Tips Aman Menyalip Truk atau Bus Saat Naik Motor

Tips Aman Menyalip Truk atau Bus
Ada 5 Tips Aman Menyalip Truk atau Bus Saat Naik Motor. (foto astra-honda jateng)
0 Komentar

  1. Di jalan yang benar-benar lurus, bukan tikungan atau persimpangan, dan bukan juga menyalip dengan kondisi jalan terputus-putus
  2. Perlu diastikan agar menyalip di jalan dengan marka yang tidak ada rambu dilarang untuk menyalip dan situasi arah berlawanan benar-benar kosong
  3. Pastikan juga untuk menyalakan lampu dim sebanyak 2 kali atau menyalakan klakson dengan ketukan pendek, sehingga kendaraan yang akan didahului mengetahui dia bakal disalip.
  4. Ada beberapa keadaan yang ideal untuk menyalip kendaraan-kendaraan besar, ada juga situasi yang wajib dihindari, seperti :
  5. Tak menyalip di lampu merah, jembatan yang menyempit, ataupun yang bertanda zebra cross
  6. Pengendara jangan sampai memaksakan diri menyalip apabila ada kendaraan dari arah depan
  7. Pengendara menghindari untuk menyalakan lampu jauh dan atau klakson berlebihan
  8. Perlu dicatat, dilarang mengikuti kendaraan lain yang sedang menyalip. Kondisi tersebut sangat berbahaya karena kita tidak bisa memantau kondisi jalur di depan yang berlawanan, bisa saja berujung celaka.

“Dalam berkendara itu, keselamatan harus menjadi tujuan utama. Dengan mengimplementasikan #Cari_Aman berkendara, mematuhi aturan dan etika berlalu lintas walaupun jalan sepi atau ramai, juga waspada terhadap pengendara dan kendaraan lain di sekitar kita,” tutur Oke.

Semoga tips aman menyalip truk atau bus menjadi panduan bagi para pengendara sepeda motor. (anang)

0 Komentar