Mio Motor Cewek (YouTube/ motomobi)
Tak berhenti di RX-135, perusahaan Yamaha kemudian menciptakan inovasi produk baru lagi yaitu MIO. Munculnya motor MIO yang satu ini karena untuk mengisi segmen lain yang belum ada di motor Honda.
Semua motor keluaran Honda waktu itu lebih didominasi motor bebek. Kemudian karena perusahaan Yamaha tidak mungkin menyaingi segmen yang sudah dikuasai oleh perusahaan Honda, kemudian mereka lebih memilih menciptakan suatu hal yang baru.
Nah, inilah contoh branding motor Yamaha yang sukses menggoyang motor keluaran Honda yang fokus pada motor Bebek. Perusahaan Yamaha dengan MIO itu, branding yang ditekankan adalah motor khusus untuk cewek.
Baca Juga:Patut Diacungi Jempol, 4 Strategi Branding Motor Yamaha Berhasil Lawan Dominasi Motor HondaDahsyat Strateginya, Branding 4 Motor Keluaran Yamaha Ini Pernah Bikin Honda Ketar-ketir
Akhirnya dengan mengincar segmen baru itu cukup berhasil. Motor MIO generasi pertama tersebut laris selama tahun 2004. Sedangkan peluncurannya pada tahun 2003 oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Manufakturing (YIMM).
3. V-ixion 2007 Motor Sport 150 CC
V-ixion 2007 (YouTube/Guru Gembul)
Contoh branding motor Yamaha selanjutnya adalah pada motor V-Ixion generasi pertama ini. Motor ini laku keras karena gagah, bandel dan hemat bahan bakar.
Motor V-ixion ini jadi andalan pengguna era tahun 2007 hingga 2013. Motor ini adalah motor sport kebanggan anak muda kala itu.
Seperti produk Yamaha sebelumnya mampu membuat perusahaan saingannya ketar-ketir. Sport 150 CC ini memang segmennya untuk anak muda yang suka denga sport.
4. N-Max Motor Gede Skutik Murah
Motor yang satu ini adalah skutik dengan model gede. Kelebihan motor yang dikeluarkan Yamaha ternyata jadi yang paling dicari belakangan ini.
Contoh branding motor Yamaha yang satu ini lebih ke motor gede dengan harga murah meriah. Karena biasanya motor gede itu lebih dari 50 jutaan. Tapi Yamaha membrandol harga N-Max hanya 30 jutaan.
Branding motor seperti itu ternyata cukup efektif. Karena sampai sekarang masyarakt kalau bilang motor gede, pasti menyebutnya N-Max.
Baca Juga:Begini Cara Jual Produk Lewat TikTok Ads 2023 Efektif yang Bakal Bikin Dagangan Laris ManisPenting Buat Disimak, 6 Kiat Sukses jadi Content Creator TikTok Biar Sering Masuk FYP Terus
5. Branding “Semakin Di Depan”
Nah, lewat dari beberapa penjelasan produk keluaran Yamaha yang sukses membuat branding, mengantarkannya pada kata slogan “Semakin di Depan”. Perusahaan Yamaha selalu memgeluarkan produk baru yang sama sekali berbeda dengan pesaingnya.