7 Cara Mendengarkan Tanpa Memberikan Saran, Orang Mungkin Tidak Membutuhkannya!

Mendengarkan tanpa memberikan saran
Mendengarkan tanpa memberikan saran. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Validasi Perasaan Mereka

Jika seseorang rentan terhadapmu, mungkin membantu untuk memvalidasi perasaan mereka. Jika itu asli, memvalidasi perasaan orang lain bisa menjadi alat komunikasi yang ampuh.

Memvalidasi perasaan seseorang mungkin terlihat seperti ini:

  • “Aku bisa mengerti mengapa ini menantang untukmu.”
  • “Aku juga akan marah jika itu terjadi padaku.”
  • “Aku sedih itu terjadi padamu; Kamu tidak pantas mendapatkannya.”
  • “Saya pikir Anda menangani situasi dengan baik; Aku sangat bangga padamu.”

Memvalidasi perasaan seseorang menunjukkan kepada pembicara bahwa kamu memahami apa yang mereka komunikasikan dan tidak terburu-buru sehingga bisa mendengarkan tanpa memberikan saran.

Jadilah Orang yang Aman untuk Diajak Berbicara

Ketika seseorang rentan terhadapmu, kamu tergoda untuk memberikan banyak ide dan saran. Jika kamu terlalu cepat menawarkan saran atau memberi tahu orang tersebut apa yang akan kamu lakukan, mereka mungkin merasa tidak aman untuk menyampaikan pesan tersebut.

Baca Juga:Merasa Tidak Menarik: 9 Langkah untuk Berdamai Ketika Kamu Mengalaminya8 Alasan Kamu Menangis, Jelaskan Mengapa Air Matamu Jatuh

Hindari menilai apa yang dikatakan orang tersebut dan menawarkan dukungan daripada saran. Jika kamu mempermalukan seseorang karena mengungkapkan emosinya, kemungkinan besar dia tidak akan mempercayai atau berbicara dengan dirimu lagi.

Berlatih Kasih Sayang

Mempraktikkan welas asih dapat membantu meningkatkan hubungan dan kesejahteraanmu secara keseluruhan. Para peneliti berpendapat bahwa tidak ada definisi kasih sayang yang universal; sebaliknya, welas asih terdiri dari beberapa bagian.

Para peneliti yang sama membahas bagian-bagian yang terlibat dalam welas asih ini:

  • Pengenalan penderitaan
  • Pengakuan bahwa penderitaan bersifat universal
  • Menunjukkan kepedulian terhadap mereka yang menderita dan mempraktikkan empati
  • Menstabilkan diri sambil mendengarkan cerita penderitaan seseorang
  • Keinginan untuk atau bertindak untuk membantu seseorang meringankan penderitaan

Ketika welas asih diterapkan untuk mendengarkan seseorang tanpa nasihat, mengenali tantangan seseorang dan menunjukkan kepada mereka bahwa kamu peduli dapat membuat perbedaan besar. Jika kamu dapat membantu mereka, itu mungkin menunjukkan kasih sayang, tetapi mereka mungkin tidak selalu menginginkan bantuan.

Tempatkan Dirimu pada Posisi Mereka

Empati adalah tentang menempatkan dirimu pada posisi orang lain alih-alih merasa kasihan pada orang tersebut. Ketika kamu benar-benar memahami seperti apa situasi seseorang, lebih mudah untuk menawarkan dukungan dan cenderung bisa  mendengarkan tanpa memberikan saran yang tidak diinginkan.

0 Komentar