Cukup dengan 1 Bahan! Begini Cara Merawat Knalpot Motor biar Makin Ganteng, Ampuh Menghilangkan Korosi dan Kerak dengan Sekali Sikat

cara merawat knalpot motor
Cara merawat knalpot motor dengan 1 bahan, yakni cairan porstex. (youtube/pepenk sob)
0 Komentar

3. Mengecek Bahan Pembuatan Knalpot

Ada beragam bahan yang digunakan dalam pembuatan knalpot, beda bahan tentu beda juga cara perawatannya.

Ada knalpot yang terbuat dari bahan chrome dan gampang tergores. Cara membersihkannya bisa dilakukan dengan lembut agar tidak menyebabkan terjadinya goresan.

4. Membersihkan Lubang Buang

Cara merawat knalpot motor yang selanjutnya bisa kalian lakukan dengan membersihkan lubang buang pada silencer.

Baca Juga:Serupa Tapi Tak Sama, Ternyata begini Cara Merawat Motor Sport agar Performa Makin Lincah, Lakukan 8 Langkah Berikut!Waspada Kendaraan Hilang! Pakai Saja 4 Tips Agar Motor Aman dari Maling Berikut, Dijamin Hati Tidak Was-Was Lagi

Membersihkan lubang silencer bisa dilakukan dengan menggunakan oli dan mengoleskan secukupnya.

Kalian bisa melakukannya setiap dua bulan sekali. Pembersihan lubang buang bisa mencegah knalpot mengalami kebocoran dan menjadi keropos pada bagian silencer maupun leher knalpot.

5. Mengoleskan Oli Pada Leher Knalpot

Mengoleskan oli merupakan salah satu cara merawat knalpot motor yang tidak kalah penting. Kalian bisa melakukannya dengan mengoleskan oli bersih pada leher knalpot secara merata.

Cara ini bisa kalian lakukan jika bagian pipa knalpot telah dibersihkan. Jika oli sudah selesai dioleskan pada leher knalpot, selanjutnya hidupkan mesin motor selama dua menit.

Oli tersebut kemudian akan terserap dan leher knalpot ini akan menjadi lebih bersih, dengan mengelupasnya oli yang dipanaskan tersebut.

6. Membersihkan Korosi

Korosi bisa terjadi pada knalpot, dan jika hal ini terjadi maka knalpot harus segera dibersihkan. Cara membersihkannya cukup mudah, kalian bisa menggunakan sikat yang masih bagus dan kuat.

Selanjutnya oleskan detergen pada bagian knalpot yang berkarat atau bagian yang kotor. Sikat kuat-kuat bagian tersebut sampai bersih dan bagian yang berkarat hilang.

Baca Juga:Harap Berhati-Hati! Ternyata Ini Fungsi Master Rem pada Motor serta 3 Penyebab Utama Kerusakannya yang Sering TerjadiCukup 5 Langkah dan Gampang Banget! Inilah Cara Mengganti Minyak Rem Motor dengan Mudah, Bisa Kalian Lakukan Sendiri di Rumah

Setelah itu, bilas dengan air bersih. Jika noda cukup membandel, kalian bisa menggunakan sikat kawat untuk mempermudah membersihkannya.

7. Menggunakan Cairan Pembersih

Cairan Porstex. (instagram/@jobayou)

Nah, inilah 1 bahan yang cukup ampuh untuk membersihkan knalpot, bahkan lebih ampuh dari detergen sekalipun.

Kali ini kalian bisa membersihkan knalpot menggunakan cairan porstex, untuk menghilangkan korosi serta karat dengan lebih mudah.

Cairan porstex memang terbilang efektif dan mudah digunakan untuk membersihkan knalpot, bahkan dengan kerak yang membandel sekalipun.

0 Komentar