Cukup dengan 1 Bahan! Begini Cara Merawat Knalpot Motor biar Makin Ganteng, Ampuh Menghilangkan Korosi dan Kerak dengan Sekali Sikat

cara merawat knalpot motor
Cara merawat knalpot motor dengan 1 bahan, yakni cairan porstex. (youtube/pepenk sob)
0 Komentar

Namun kalian harus tetap berhati-hati, cairan ini bisa membuat warna blok mesin yang terkena cairan akan langsung luntur.

8. Memeriksa Adanya Kebocoran

Selanjutnya, memeriksa adanya kebocoran pada knalpot merupakan juga salah satu cara merawat knalpot motor.

Kalian bisa mengecek apakah pada knalpot terjadi kebocoran atau tidak, dan memeriksa baut di sekeliling knalpot. Pastikan baut tersebut telah terpasang dengan kencang.

Baca Juga:Serupa Tapi Tak Sama, Ternyata begini Cara Merawat Motor Sport agar Performa Makin Lincah, Lakukan 8 Langkah Berikut!Waspada Kendaraan Hilang! Pakai Saja 4 Tips Agar Motor Aman dari Maling Berikut, Dijamin Hati Tidak Was-Was Lagi

Pengecekan ini harus kalian lakukan secara rutin, sebab baut yang kendor bisa menyebabkan beberapa masalah.

Seperti halnya suara knalpot yang menjadi lebih bising, dan membuat bahan bakar jauh lebih boros karena proses pembakaran yang tidak sempurna.

9. Membersihkan Percikan Aspal

Penggunaan motor di jalan raya bisa memunculkan percikan aspal. Percikan ini biasanya menempel pada knalpot yang ditandai dengan adanya bercak hitam.

Bercak hitam pada knalpot yang baru saja menempel bisa dibersihkan dengan menggunakan carian bensin berkualitas.

Cara membersihkan bercak hitam ini sangat mudah, kalian bisa mencampurkan cairan bensin ini dengan minyak tanah.

Perbandingan kedua bahan tersebut adalah 1:2, dan setelah dicampur kalian bisa mengoleskannya pada bercak hitam di knalpot.

10. Memeriksa Lubang Pembuangan Air

Cara merawat knalpot motor yang terakhir adalah dengan memeriksa lubang pembuangan air. Lubang tersebut terdapat pada bagian bawah silencer dan ada disetiap knalpot motor.

Baca Juga:Harap Berhati-Hati! Ternyata Ini Fungsi Master Rem pada Motor serta 3 Penyebab Utama Kerusakannya yang Sering TerjadiCukup 5 Langkah dan Gampang Banget! Inilah Cara Mengganti Minyak Rem Motor dengan Mudah, Bisa Kalian Lakukan Sendiri di Rumah

Kalian perlu memeriksa lubang ini untuk memastikan apakah lubang tersebut tersumbat kotoran atau tidak.

Jika lubang tersebut tersumbat, maka kalian harus segera membersihkannya. Kalian bisa menggunakan alat tusuk seperti kawat atau lainnya untuk membersihkan lubang tersebut.

Lubang pembuangan air yang tidak tersumbat bisa membuat akses pembuangan air menjadi lebih lancar. Hal ini bisa mencegah terjadinya karat atau korosi pada knalpot.

Nah, itu tadi beberapa cara merawat knalpot motor yang cukup ampuh untuk menjaga kebersihan dan performa dari knalpot kalian. Selamat mencoba!. (*)

0 Komentar