2 Tanda Emotional Sponge, Ketika Kamu Menjadi Penyerap Emosi

Emotional sponge
Emotional sponge. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Banyak dari kita, cenderung ada untuk orang lain, dan tentu saja, tidak apa-apa. Namun, penting untuk tidak terikat pada apa yang dikenal sebagai ‘emotional sponge’ atau ‘spons emosional’ yang sering berarti bahwa kamu memiliki kecenderungan untuk sering menyerap perasaan orang lain, daripada menjaga milikmu sendiri.

Sebagai emotional sponge, sebagian besar dari kita, kemungkinan besar bersalah, meskipun baik-baik saja berada di sana untuk orang yang kamu cintai. Akan tetapi, enjaga perasaanmu sendiri sama pentingnya.

Mengambil begitu banyak beban emosional tidak hanya dari diri sendiri tetapi orang lain bisa sangat menguras tenaga. Jadi, penting bagi dirimu untuk berada di sana untuk diri sendiri juga, memberi diri sendiri ruang untuk bernapas dan tidak terlalu banyak mengambil.

Baca Juga:Tips Mengubah Kemarahan Menjadi Hal yang Produktif: Kamu Butuh 5 Cara Ini7 Cara Mendengarkan Tanpa Memberikan Saran, Orang Mungkin Tidak Membutuhkannya!

Emotional sponge terkait dengan topik menjadi seorang yang memiliki empati dan seringkali ada beberapa tanda yang menghubungkan menjadi seseorang yang dapat dianggap sebagai seorang empati.

Emotional sponge bisa jadi, mungkin dilabeli sebagai terlalu emosional atau terlalu sensitif, perasaan mudah terluka, sering merasa sangat terkuras secara emosional saat berada di keramaian dan sering suka menghabiskan waktu sendirian, cenderung bereaksi berlebihan saat menghadapi tekanan emosional, sering merasa benar-benar takut apa yang bisa terjadi.

Jadi, jika kamu merasa bisa menjadi seorang empati, yang mirip dengan arti ‘emotional sponge’, maka itu adalah sesuatu yang pasti dapat kamu temukan cara untuk membantu menghentikanmu dari perasaan sepertimu terus-menerus harus menyerap perasaan orang lain, terutama ketika kamu benar-benar. benar-benar merasa tidak bisa.

Tanda Bahwa Kamu Seorang Emotional Sponge

Kamu Memiliki Empati yang Besar

Empati adalah kemampuan untuk dapat memahami apa yang dialami orang lain di luar perspektifmu sendiri. Banyak perasaan harus ada untuk orang lain dan memastikan mereka baik-baik saja dan sering kali menerima begitu saja perasaan mereka. Empati adalah sesuatu yang memungkinkanmu untuk dapat memahami tingkat rasa sakit apa yang dialami seseorang, bahkan jika kamu belum mengalami apa yang mereka alami, kamu mungkin masih memiliki pengalaman serupa.

0 Komentar