3 Hal yang Menjadi Tanda Spons Emosi, Alasan Mengapa Kamu Memiliki Beban Emosional Tinggi

Spons emosi
Spons emosi. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Orang Cenderung Memintamu Mendengarkan Masalah Mereka

Seseorang yang dianggap sebagai ‘spons emosi’ atau seseorang dengan empati tinggi, cenderung menjadi pendengar yang fantastis dan seringkali cukup sensitif. Orang-orang di sekitarmu mungkin merasa sangat tertarik kepadamu, karena hal ini dan mungkin merasa cukup sering bahwa mereka dapat berbicara denganmu tentang perasaan mereka dan memberi tahumu masalah mereka.

Merasa seperti mereka dapat menghubungimu segera setelah mereka mengalami sesuatu yang sulit. Seringkali, kepedulian yang mendalam dapat membuatmu sulit untuk dapat memberi tahu orang lain ketika kamu mendekati titik di mana kamu merasa kewalahan menjadi spons emosi. Namun, sangat penting untuk dapat menemukan semacam keseimbangan dalam situasi itu. Tanpa, semacam batasan, itu berarti kamu mungkin akan melihat semacam ‘buang emosi’ diteruskan ke arahmu, yang mungkin tidak dapat kamu tangani jika kamu memiliki banyak hal lain yang terjadi dalam hidupmu.

Bukannya kamu tidak peduli sedikit pun, itu lebih karena kamu khawatir kamu tidak akan bisa mengendalikan emosimu sendiri dan menjaga diri sendiri jika kamu juga harus ada untuk orang lain. Terkadang, terlalu berlebihan untuk melakukan itu dan tidak apa-apa, jujur ​​pada diri sendiri dan orang lain jika kamu merasa seperti itu. Menetapkan batasan untuk situasi seperti ini adalah bagian penting dari perawatan diri dan yang penting dan membuatmu berhenti menjadi spons emosi.

Baca Juga:2 Tanda Emotional Sponge, Ketika Kamu Menjadi Penyerap EmosiTips Mengubah Kemarahan Menjadi Hal yang Produktif: Kamu Butuh 5 Cara Ini

Ini kemudian memastikan bahwa kamu dapat mengutamakan diri sendiri dan mengetahui bahwa sama sekali tidak ada yang salah dengan itu. Karena kamu harus berhenti menjadi spons emosi bagi orang lain dan belajar berada di sana untuk diri sendiri dan menjaga kesehatan mentalmu sendiri sebelum mulai melakukan hal yang sama untuk orang lain.

**AN

Referensi Consellorwhocares

0 Komentar