Bukan Cuma Batik! Rekomendasi 8 Oleh-oleh Pekalongan yang Wajib Kamu Bawa Pulang

oleh-oleh khas pekalongan
rekomendasi oleh oleh khas pekalongan yang bisa kamu ikuti
0 Komentar

Pekalongan juga menawarkan ragam kopi yang layak dijadikan oleh-oleh pekalongan. Salah satu yang terkenal yaitu Kopi Tjanting yang dibudidayakan di perkebunan kopi Talun.

Perkebunan yang terletak di salah satu kecamatan itu dijuluki sebagai penghasil kopi terbaik sejak zaman VOC. Pangsa pasarnya saat itu bahkan sampai ke Eropa dan Amerika.

Kopi Tjanting dikenal dengan label Tjanting Coffee. Kopi Tjanting ini menawarkan kopi yang berkualitas premium yang sudah di-roasting dan digiling. Pemasarannya bahkan sudah menjangkau luar pulau, seperti Kalimantan dan Sulawesi.

Baca Juga:Enak Pakai Banget! Ini Dia 4 Tempat Makan dan Resep Pindang Tetel Khas Pekalongan yang Bikin NagihRasa Khas nan Lezat! Resep Nasi Megono Pekalongan dari Nangka Muda, Cukup Tambah 3 Bahan Utama, Dijamin Mantul

Ada tiga varian kopi tersedia, yakni robusta, excelsa, dan arabika. Bagi pemula, varian excelsa direkomendasikan untuk dicicipi karena tidak begitu pahit dan asam dengan after taste fruity.

4. Limun Oriental

Limun oriental merupakan oleh-oleh legendaris khas pekalongan (foto:@limunoriental)

Selain makanan, Pekalongan juga menawarkan minuman khas tradisional yang bernama Limun Oriental. Soft drink legendaris ini juga cocok dijadikan oleh-oleh pekalongan.

Limun Oriental populer sejak awal abad-19 tepatnya pada masa kekuasaan Belanda di Tanah Air. Dulunya, limun hanya dikonsumsi orang Belanda sampai dijuluki Banyu Londho, yang berarti “minuman orang Belanda” pada masanya.

Minuman itu terbuat dari campuran air soda, gula, dan juga perisa berbagai rasa yang menciptakan perpaduan rasa yang manis dan segar. Sampai saat ini, minuman limun dibuat tanpa memakai bahan pengawet.

5. Kerupuk Gendar

Camilan oleh-oleh Pekalongan yang satu ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih pas di lidah para pelancong. Biasanya, warga menyantap kerupuk itu sebagai pelengkap makan siang dengan soto tauco khas Pekalongan atau nasi megono.

Kerupuk gendar ini terbuat dari bahan nasi bumbu ketumbar yang ditambahkan bawang putih dan tepung sagu. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di warung, pasar, maupun pusat oleh-oleh yang tersebar di pinggir jalan Pekalongan.

6. Batik Pekalongan

Batik Pekalongan (foto:@explorebatik.id)

Baca Juga:Unik! 10 Tradisi 1 Suro Tahun Baru Islam di Berbagai Daerah, Mulai dari Mubeng Beteng, Jamasan Pusaka hingga Sedekah LautPraktis! 4 Resep Tumis Brokoli, Rekomendasi Lauk Menu Makan Siang yang Menggoda

Oleh-oleh Pekalongan yang satu ini pasti sangat familiar buat kamu. Bagaimana tidak, batik merupakan ciri khas dari Pekalongan yang sudah diakui oleh dunia lho.

0 Komentar