Bukan Cuma Batik! Rekomendasi 8 Oleh-oleh Pekalongan yang Wajib Kamu Bawa Pulang

oleh-oleh khas pekalongan
rekomendasi oleh oleh khas pekalongan yang bisa kamu ikuti
0 Komentar

Batik Pekalongan menjadi sangat khas karena bertopang sepenuhnya pada ratusan pengusaha kecil, bukan pada segelintir pengusaha bermodal besar. Sejak berpuluh tahun lampau hingga sekarang, sebagian besar proses produksi batik Pekalongan dikerjakan di rumah-rumah.

Akibatnya, batik Pekalongan menyatu erat dengan kehidupan masyarakat Pekalongan yang kini terbagi dalam dua wilayah administratif, yakni Kotamadya Pekalongan serta Kabupaten Pekalongan. Salah satu yang sering dikunjungi wisatawan untuk membeli batik adalah Pasar Setono.

7. Apem Kesesi

apem kesesi (foto:@pekalongankulineran)

Makanan khas Pekalongan yang juga bisa dijadikan oleh-oleh pekalongan selanjutnya yaitu Apem Kasesi. Panganan yang memiliki bentuk bulat pipih berwarna coklat ini memiliki rasa yang manis.

Baca Juga:Enak Pakai Banget! Ini Dia 4 Tempat Makan dan Resep Pindang Tetel Khas Pekalongan yang Bikin NagihRasa Khas nan Lezat! Resep Nasi Megono Pekalongan dari Nangka Muda, Cukup Tambah 3 Bahan Utama, Dijamin Mantul

Apem ini terlihat berbeda karena dibuat dari gula aren yang membuat teksturnya legit. Apem Kasesi ini bisa dengan mudah kamu dapatkan, dan memiliki harga yang terjangkau. Sayangnya, buah tangan ini hanya untuk yang kamu yang tujuannya tak terlalu jauh, karena apem ini sangat mudah basi.

8. Tauco

Pekalongan juga memiliki tauco khas pekalongan (foto:@emi_chandra_haryanti)

Pekalongan memiliki kuliner khas yang begitu terkenal yaitu Soto Tauco atau yang biasa dikenal dengan soto taoto. Sehingga selain bisa mencicipi rasa dari soto tauco, kamu juga bisa membawa tambahan bumbunya sebagai oleh-oleh yaitu Tauco.

Tauco bisa ditemukan di beberapa kawasan Jabar, namun Tauco yang ada di Pekalongan memiliki rasa yang lebih unik dan enak. Tambahan tauco pada masakan membuat rasanya semakin gurih dan juga lebih manis.

Mengingat tauco memiliki kandungan kedelai yang lebih kuat. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan tauco ini di beberapa pusat oleh-oleh maupun pasar tradisional.

Satu toples tauco dihargai sekitar Rp. 25 ribu untuk ukuran yang kecil. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda ingin membeli ukuran yang besar maupun kecil. Tauco ini termasuk dalam daftar oleh-oleh yang banyak diburu oleh para wisatawan.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh Pekalongan yang bisa dijadikan acuanmu kalau masih bingung bawa oleh-oleh apa saat berkunjung ke Pekalongan. Yang pasti, berbagai buah tangan ini juga amat layak untuk kamu hadiahkan ke saudara hingga tetangga usai melancong ke Kota Batik. Selamat berburu oleh-oleh di Pekalongan ya. (PEH)

0 Komentar