Banyak Dicari! Rekomendasi 5 Makanan Khas Pekalongan yang Wajib Kamu Coba

makanan khas pekalongan
reomendasi makanan khas pekalongan yang wajib kamu coba kalu berkunjung ke pekalongan
0 Komentar

Sebagai pelengkap, nasi megono biasanya disajikan bersama gorengan atau mendoan, atau lauk lainnya seperti ayam goreng, maupun ikan asin, sesuai selera.

Meskipun terbilang sangat sederhana, menu yang satu ini banyak dijadikan sebagai menu sarapan maupun makan malam, sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan penjualnya di pinggir jalan.

2. Kluban

Kluban khas pekalongan yang sekilas mirip dengan urap (foto:@arpeni.rahma)

Baca Juga:Bukan Cuma Batik! Rekomendasi 8 Oleh-oleh Pekalongan yang Wajib Kamu Bawa PulangEnak Pakai Banget! Ini Dia 4 Tempat Makan dan Resep Pindang Tetel Khas Pekalongan yang Bikin Nagih

Jika kamu merasa butuh asupan serat saat di Pekalongan? Jangan lewatkan untuk mencicipi menu kluban khas Pekalongan. Kluban sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya sayuran.

Ada beberapa jenis sayuran yang digunakan untuk makanan khas Pekalongan yang satu ini, diantaranya sayur bayam, tauge, kacang panjang, kangkung, dan kol yang direbus terlebih dahulu dan dicampur dengan parutan kelapa.

Di daerah lain, kluban juga dikenal dengan nama urap. Tak jarang orang-orang dari luar pekalongan yang menyebut makanan ini dengan sebutan urap.

Kluban biasanya dinikmati dengan sambal mentah, sambal tomat, atau sambal kacang sebagai pelengkap. Orang pekalongan juga biasanya menyandingkan pindang tetel saat makan kluban, atau bahkan dicampur bersama.

3. Pindang Tetel

Makanan khas pekalongan satu ini juga sekilas mirip dengan rawon yaa gais, tetapi rasanya jelas berbeda lho (foto:@istiqomah)

Kalau kamu menyukai tetelan sapi, jangan lewatkan sajian pindang tetel saat berkunjung ke Pekalongan.

Sekilas, makanan khas Pekalongan yang satu ini mirip dengan rawon, karena memiliki kuah hitam yang berasal dari racikan bumbu dan kluwek.

Baca Juga:Rasa Khas nan Lezat! Resep Nasi Megono Pekalongan dari Nangka Muda, Cukup Tambah 3 Bahan Utama, Dijamin MantulUnik! 10 Tradisi 1 Suro Tahun Baru Islam di Berbagai Daerah, Mulai dari Mubeng Beteng, Jamasan Pusaka hingga Sedekah Laut

Tetapi bisa dipastikan, dengan berbagai bumbu rempah yang digunakan, pindang tetel memiliki cita rasa yang kaya.

Kamu juga bisa menambahkan kerupuk aci warna warni sebagai pelengkapnya, atau jika di Pekalongan biasa disebut dengan krupuk usek.

4. Taoto

Taoto merupakan soto khas pekalongan yang menggunakan tauco (foto:@rasa.idn)

Pada setiap daerah di Indonesia memiliki sajian sotonya masing-masing, tanpa terkecuali dengan Pekalongan.

Pekalongan juga memiliki soto khasnya juga lho. Soto khas Pekalongan dikenal dengan nama tauto atau soto tauto.

Bedanya dengan soto pada umumnya, tauto menggunakan bumbu tauco sehingga rasanya sangat unik.

0 Komentar