Cara Menerapkan Nilai Pancasila di Masa Kini untuk Mengisi Kemerdekaan Indonesia

Cara Menerapkan Nilai Pancasila di Masa Kini untuk Mengisi Kemerdekaan Indonesia
Cara Menerapkan Nilai Pancasila di Masa Kini untuk Mengisi Kemerdekaan Indonesia (Twitter/@JhonRaja)
0 Komentar

Indonesia maka Kita Pancasila (Twitter/@KemensetnegRI)

Cara menerapkan nilai pancasila di masa kini dengan musyawarah dan mufakat dalam memecahkan masalah.

Jangan “sumbu pendek” dan mengedepankan otot dalam menyelesaikan masalah. Sebagai manusia Indonesia yang cerdas, selayaknya mengedepankan musyawarah dan mufakat saat terjadi konflik.

Musyawarah dan mufakat akan menghasilkan komunikasi dua arah yang baik dan win win solution, ketimbang berkelahi yang akan menghasilkan “menang jadi arang, kalah jadi abu”.

Baca Juga:Kenapa Latihan Fisik dengan Jalan Kaki Penting untuk Pencegahan Obesitas pada Remaja? Ini JawabannyaCara Meraih Cuan Tidak Terhingga dengan Paket Internet dan Untung Besar

Mari mulai memprioritaskan musyawarah dan mufakat saat ada masalah daripada bertengkar dan adu jotos. Kita adalah manusia yang memiliki akal, bukan hewan yang menerapkan hukum rimba.

4. Menghormati Orang Lain Terlepas dari Status Sosialnya

Cara menerapkan nilai pancasila di masa kini dengan menghormati orang lain tidak memandang status sosial.

Terkadang, jabatan, kekayaan, fanatisme buta atau pengkultusan suatu tokoh membuat logika seseorang menjadi bias, padahal hal ini dapat mencederai sila ke-5, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Seringkali kita melihat ada orang yang diperlakukan tidak adil atau semena-mena hanya karena ia bukan “siapa-siapa” atau tidak terkenal.

Padahal, setiap manusia itu harus dihormati, apalagi jika usianya lebih tua dari kita. Kita bisa menghormati orang lain tanpa perlu tahu apa prestasi, kekayaan, atau hal lainnya kok.

Jangan terbiasa menghormati seseorang karena suatu hal atau ada pamrihnya.

5. Memiliki Semangat Kepedulian Terhadap Bangsa

Cara menerapkan nilai pancasila di masa kini dengan memiliki semangat kepedulian terhadap bangsa. Kita terikat dengan budaya yang ada di Indonesia.

Karakter khas Indonesia karena majemuk. Karena majemuk ini terjalin berabad lamanya. Maka sikap toleransi menjadi alat untuk menjaga kemajemukan. Peduli dalam kehidupan berbangsa.

Mari Saling berlomba lomba dalam kebaikan dan kepedulian!

Baca Juga:Pentingnya Mengelola Waktu yang Baik dan Cara ManajemennyaMenghayati Heroisme Rakyat Aceh dalam Melawan Belanda demi Meraih Kemerdekaan Indonesia

Kalau tidak menemukan orang yang menerapkan nilai pancasila, jadilah orang yang menerapkannya.

Kalau kita mengeluh tentang tidak banyak menemukan orang-orang yang menerapkan nilai Pancasila, mulailah menjadi teladan di sekitarmu untuk menerapkan nilai Pancasila.

Dengan menjadi teladan, orang-orang akan mencontohkan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila dan Pancasila akan selalu terjaga karena ada yang menerapkan nilai-nilainya.

0 Komentar