Yuk, Kenali 4 Jenis Jerawat yang Berbeda!

Jenis jerawat
Jenis jerawat. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Papula bukanlah lesi yang dalam. Ini berarti kebanyakan dari mereka akan sembuh dengan cepat tanpa bekas luka.

Pustula

Pustula berwarna merah dan meradang dengan kepala yang jelas. Jenis jerawat pustula sering berwarna putih. Itu sebabnya noda ini juga disebut whiteheads. Pustula juga bisa berwarna krem hingga kuning.

Terkadang muncul bercak coklat di tengah kepala. Ini adalah inti dari komedo. Ini adalah sumbat puing di pori-pori.

Baca Juga:3 Faktor Penyebab Jerawat, Ketahui Sebelum Menangani!5 Masalah Kesehatan Karena Kekurangan Vitamin E, Ketahui Faktanya!

Ukuran pustula berkisar dari kecil hingga cukup besar. Mereka berkembang di area yang sama dengan papula. Ini biasanya di wajah, punggung dan bahu.

Pustula mengikuti papula. Saat pori pecah, tubuh mengirimkan sel darah putih untuk melawan bakteri. Inilah yang menyebabkan nanah. Campuran nanah, sel kulit mati, dan minyak berlebih membuat pustula menjadi putih.

Bintil

Kista yang sangat besar, lesi yang meradang. Rasanya seperti benjolan lunak berisi cairan di bawah kulit. Jenis jerawat kista atau bintil adalah bentuk jerawat yang paling parah. Mereka bisa sangat menyakitkan.

Seperti nodul, jenis jerawat kista dimulai sebagai celah yang dalam di dinding folikel. Tubuh mencoba untuk menutup infeksi dengan mengelilinginya dengan selaput.

Ketika kista jerawat muncul ke permukaan, itu menghancurkan jaringan kulit yang sehat. Ini bisa menghancurkan folikel. Kemungkinan jaringan parut jerawat sangat tinggi.

Kista jerawat bukanlah kista yang sebenarnya. Ini sebenarnya adalah nodul jerawat yang parah dan membengkak. Kamu mungkin mendengar istilah kista jerawat dan nodul jerawat digunakan secara bergantian.

Kista jerawat berisi nanah. Mereka mungkin juga mengandung darah. Mereka dapat memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk sembuh sepenuhnya.

Baca Juga:5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan, Tubuhmu Butuh Ini!5 Manfaat Vitamin C untuk Kulit, Jangan Lewatkan Nutrisi Kulitmu!

Jangan pernah mencoba mengekstrak jenis jerawat kista sendiri. Jika mereka harus dikeringkan, itu harus dilakukan oleh dokter. Kista jerawat mudah bekas luka. Semakin cepat kamu menemui dokter kulit tentang jerawatmu, semakin cepat kamu akan melihat perbaikannya.

**AN

Referensi Verywellhealth

0 Komentar