5 Masalah Kesehatan Karena Kekurangan Vitamin E, Ketahui Faktanya!

Kekurangan vitamin E
Kekurangan vitamin E. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Vitamin E ada dalam delapan bentuk kimiawi, yang bisa kamu dapatkan dari makanan dan suplemen. Alpha-tocopherol adalah bentuk vitamin E paling aktif dalam tubuh manusia. Ini sangat penting, karena kekurangan vitamin E dapat berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan.

Kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati adalah sumber makanan terbaik vitamin E, tetapi cara paling umum orang mendapatkan vitamin E adalah dari kedelai, kanola, jagung, dan minyak nabati lainnya. Sumber makanan tambahan termasuk bibit gandum, kacang tanah, atau selai kacang. Pastikan kamu mengonsumsinya agar tidak kekurangan vitamin E.

Artikel ini menjelaskan manfaat vitamin E, jumlah yang diperlukan tubuh per harinya, dan masalah kekurangan vitamin E.

Baca Juga:5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan, Tubuhmu Butuh Ini!5 Manfaat Vitamin C untuk Kulit, Jangan Lewatkan Nutrisi Kulitmu!

Manfaat: Mengapa Kita Membutuhkan Vitamin E?

Vitamin E adalah salah satu dari empat vitamin yang larut dalam lemak, dan sangat penting untuk kesehatanmu. Sebagai antioksidan, melindungi dan menjaga keutuhan membran sel. Ini melawan molekul tidak stabil dalam pembelahan sel yang dikenal sebagai radikal bebas dan melawan stres oksidatif (ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh).

Fungsi vitamin E mungkin memainkan peran penting dalam melawan kanker dan penyakit kronis lainnya. Sedangkan kekurangan vitamin E tentu akan berdampak sebaliknya.

Agar kamu tidak lagi ragu tentang manfaat vitamin E dan bahaya yang ditimbulkan dari kekurangan E, Simak fungsi lain dari vitamin E berikut.

  • Mempertahankan kekebalan sel dan memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan integritas pembuluh darah, mencegah kebocoran pembuluh darah
  • Membantu vitamin K untuk pembekuan darah (menjaga darah agar tidak menggumpal)

Vitamin E dapat menyerap energi sinar ultraviolet (UV) dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas bila digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit. Beberapa mungkin menemukan vitamin E sebagai bahan dalam tabir surya.

Berapa Banyak Vitamin E yang Dibutuhkan Per Hari?

Sebagai nutrisi yang larut dalam lemak, vitamin E disimpan dan diserap dalam jaringan adiposa saat dicerna. Angka kecukupan gizi (AKG) vitamin E menurut umur adalah sebagai berikut:

  • Kelahiran–6 bulan: 4 miligram (mg)
  • 7–12 bulan: 5 mg
  • 1–3 tahun: 6 mg
  • 4–8 tahun: 7 mg
  • 9–13 tahun: 11 mg
  • 14 tahun ke atas: 15 mg
  • Selama menyusui (menyusui): 19 mg
0 Komentar