5 Manfaat Vitamin C untuk Kulit, Jangan Lewatkan Nutrisi Kulitmu!

Manfaat vitamin C untuk kulit
Manfaat vitamin C untuk kulit. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Vitamin C tidak hanya meningkatkan produksi kolagen yang dapat mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit, tetapi juga membantu mencegah hilangnya kolagen akibat penuaan alami.

Selain itu, antioksidan ini memainkan peran penting dalam melawan bintik hitam yang tidak diinginkan dan mencegah tanda penuaan dini yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti merokok, polusi lingkungan, dan paparan sinar matahari kronis.

Melindungi Terhadap Kerusakan Matahari

Studi menunjukkan bahwa salah satu manfaat vitamin C untuk kulit adalah dapat membantu melindungi dari kerusakan akibat sinar UV,

Baca Juga:Tips Melembabkan Kulit, Kamu Butuh Rangkaian Skin Care Ini!Pelembab Tidak Berfugsi! Ini 5 Penyebab Kulit Kering Meski Kamu Sudah Menggunakan Moisturizer

Paparan radiasi UV dari matahari (serta tanning bed) dapat menciptakan radikal bebas di kulit, yang dapat merusak sel kulit dan menyebabkan kerusakan kolagen. Hal ini menyebabkan photoaging (atau penuaan dini). Tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari antara lain keriput, kulit kendur, warna atau tekstur kulit tidak merata, kemerahan pada kulit, dan pecahnya pembuluh kapiler (spider veins).

Sebagai salah satu antioksidan paling kuat di kulit, manfaat vitamin C untuk kulit adalah dapat membantu memerangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas berlebih pada sel kulit. Tinjauan sistematis tahun 2023 yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa vitamin C bermanfaat dalam merawat kulit yang tidak rata dan kerutan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV yang berkepanjangan atau berulang.

Mempromosikan Penyembuhan Luka

Vitamin C memainkan peran kunci dalam perbaikan dan regenerasi jaringan karena sifat anti-inflamasi dan kemampuannya untuk meningkatkan produksi kolagen yang merupakan komponen penting dari jaringan ikat. Meskipun demikian, tidak mengherankan jika penyembuhan luka yang buruk merupakan gejala umum dari kekurangan vitamin C.

Tinjauan sistematis tahun 2022 yang diterbitkan dalam Antioksidan menemukan bahwa suplementasi vitamin C dapat meningkatkan hasil penyembuhan pada orang dengan jenis luka tertentu, terutama tukak tekan.

Melembabkan Kulit

Tanpa kelembapan yang cukup, epidermis (lapisan atas kulit) mulai mengering, menyebabkan kulit gatal, bersisik, dan penuaan dini. Hidrasi sangat penting untuk menjaga kulitmu sehat dan terlihat awet muda.

Menurut sebuah artikel review tahun 2017 yang diterbitkan di Nutrients, manfaat vitamin C untuk kullit mungkin memainkan peran penting dalam pembentukan lapisan luar kulit—meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari kehilangan air.

0 Komentar