5 Tips Merawat Jerawat pada Remaja, Simpel Tapi Penting!

Merawat jerawat pada remaja
Merawat jerawat pada remaja. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Meskipun seorang remaja mampu bertanggung jawab atas perawatan kulitnya sendiri termasuk merawat jerawat pada remaja, siapa pun yang memulai kebiasaan baru dapat memperoleh manfaat dari bantuan.

Setelah anak remajamu terbiasa menggunakan perawatan jerawat, mereka akan menemukan bahwa itu tidak memakan banyak waktu dan hasilnya sepadan dengan komitmennya.

Mulailah Dengan Perawatan Jerawat OTC

Jika jerawat remajamu ringan, atau baru mulai, mereka mungkin dapat membersihkan kulitnya dengan obat jerawat yang dijual bebas (OTC) untuk merawat jerawat pada remaja.

Baca Juga:Yuk, Kenali 4 Jenis Jerawat yang Berbeda!3 Faktor Penyebab Jerawat, Ketahui Sebelum Menangani!

Namun, tidak semua produk jerawat diciptakan sama. Yang paling efektif akan mengandung satu atau lebih bahan aktif berikut pada labelnya:

  • Benzoil peroksida
  • Retinoid
  • Asam salisilat

Jika kamu membantu anak remajamu memilih suatu produk untuk merawat jerawat pada remaja, jangan terlalu mengkhawatirkan nama merek atau bentuk obatnya (misalnya, pembersih, pembalut, atau losion). Pilih produk yang sesuai dengan anggaranmu dan mudah digunakan dalam rutinitas harianmu.

Pembersih: Carilah produk yang mengandung 5% hingga 10% benzoil peroksida sebagai bahan aktif utama jika remajamu memiliki kulit berminyak atau asam salisilat dengan lebih sedikit benzoil peroksida jika remajamu memiliki kulit sensitif. Oleskan pembersih dengan ujung jari, dan bilas kulit dengan air hangat. Hindari menggosok atau keramas berlebihan karena dapat mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat.

Gel dan krim: Setelah mencuci muka di malam hari, anak remajamu dapat mengoleskan gel atau krim sebagai pengobatan untuk jerawat baru. Produk harus mengandung benzoil peroksida, retinoid, atau asam salisilat sebagai bahan aktif.

Ketahui Kapan Resep Mungkin Dibutuhkan

Jika mereka telah mencoba berbagai produk jerawat OTC dan anak remajamu masih berjerawat dan kesulitan merawat jerawat pada remaja, mereka mungkin memerlukan resep. Penyedia layanan kesehatan keluargamu dapat merekomendasikan opsi resep yang dapat membantu mengendalikan jerawat remajamu.

Anak remaja tidak perlu menemui dokter kulit untuk masalah jerawat. Kemungkinan penyedia layanan kesehatan keluargamu telah membantu banyak remaja mengatasi jerawat. Mereka dapat merujukmu ke dokter kulit jika menurut mereka perlu.

0 Komentar