Jangan Buru-Buru Dibawa ke Bengkel! Ternyata ini 7 Penyebab Motor Tidak Mau Menyala dan Bonus Tips untuk Mengatasinya

penyebab motor tidak mau menyala
Masalah busi adalah salah satu penyebab motor tidak mau menyala. (instagram/@briskmotorindonesia)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.IDMotor kalian tidak mau hidup meskipun sudah distarter berkali-kali? Ternyata ini penyebab motor tidak mau menyala yang perlu kalian ketahui.

Mesin motor yang sulit dinyalakan biasanya terjadi di pagi hari, atau dalam kondisi mesin motor dingin dan sudah lama tidak dipanaskan.

Sebelum kalian panik dan membawanya ke bengkel, sebaiknya cari tahu dulu dari mana sumber masalahnya.

Baca Juga:Yakin Ga Mau Coba Ngecamp Disini? Ini 5 Rekomendasi Tempat Camping Hits di Jawa Tengah, Dijamin Bikin Nagih!Bahaya! Inilah 5 Cara Mengencangkan Rantai Motor Kendur di Jalan, Segera Lakukan Perbaikan jika Hal Ini Terjadi

Lalu, apa sebenarnya penyebab motor tidak mau menyala? Dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? simak ulasan beriut sampai habis!.

Penyebab Motor Tidak Mau Menyala

Berikut adalah penyebab motor tidak mau menyala dan sedikit tips cara mengatasi permasalahan tersebut.

1. Aki Bermasalah

Penyebab motor tidak mau menyala yang paling umum terjadi pada motor adalah aki, baik itu motor injeksi, bebek ataupun skuter.

Aki sendiri berfungsi untuk menyimpan serta menyuplai listrik yang salah satu tujuannya untuk menyalakan mesin.

Jika tegangan dari aki tersebut kurang, maka kinerja komponen elektronik pada motor lainnya juga menurun termasuk starter mesin.

Untuk mengetahui kualitas aki menurun atau tidak, kalian bisa melihat dari lampu yang redup dan klakson yang tidak berbunyi.

Untuk cara mengatasinya ada dua hal, pertama adalah menggunakan kick starter sampai 450 RPM. Jika kurang, motor tetap tidak akan menyala.

Baca Juga:Mau Jalan-Jalan di Akhir Pekan? Siapkan 8 Perlengkapan Touring Motor Berikut! Biar Berkendara Semakin Aman dan Nyaman7 Rekomendasi Cafe di Purwokerto yang Buka 24 Jam, Cocok Banget Buat yang Doyan Nongkrong Sampai Pagi

Cara yang kedua adalah dengan mengecek apakah pengisian listrik ke aki sistemnya berjalan lancar. Jika terjadi kerusakan pada bagian tersebut, maka aki akan drop dan suplai listrik tidak stabil.

Kalian perlu mengganti dengan aki baru jika sudah tidak mampu lagi menyimpan listrik dalam daya yang dibutuhkan.

2. korsleting

Penyebab motor tidak mau menyala selanjutnya adalah ketika terjadi korslet pada sistem starter. Korsleting terjadi karena letak dari logam mesin dan terminal starter yang berdekatan.

Cara mengetahui ketika terjadi korslet pada bagian ini adalah dengan mengamati apakah terdapat bekas terbakar.

Jika terjadi korsleting biasanya starter akan langsung mati, sehingga ketika ditekan tidak menimbulkan reaksi apapun.

0 Komentar