Jangan Buru-Buru Dibawa ke Bengkel! Ternyata ini 7 Penyebab Motor Tidak Mau Menyala dan Bonus Tips untuk Mengatasinya

penyebab motor tidak mau menyala
Masalah busi adalah salah satu penyebab motor tidak mau menyala. (instagram/@briskmotorindonesia)
0 Komentar

Solusi yang tepat ketika terjadi korsleting adalah dengan membuka sistem starter dan membersihkan kerak akibat korslet. Kerak ini biasanya berwarna hitam seperti terbakar.

Lalu, pasang kembali komponen sekring pada posisinya namun tidak berdekatan, atau bisa diganti dengan yang baru.

3. Masalah Pada Busi

Busi motor yang sudah menghitam. (instagram/@briskmotorindonesia)

Pada jenis motor apapun busi adalah komponen paling penting dalam sistem pengapian. Jika busi bermasalah, maka jangan harap motor kalian akan menyala.

Baca Juga:Yakin Ga Mau Coba Ngecamp Disini? Ini 5 Rekomendasi Tempat Camping Hits di Jawa Tengah, Dijamin Bikin Nagih!Bahaya! Inilah 5 Cara Mengencangkan Rantai Motor Kendur di Jalan, Segera Lakukan Perbaikan jika Hal Ini Terjadi

Penyebab kerusakan pada busi bisa karena usia, sehingga pembakaran tidak memiliki api yang optimal. Api yang keluar dari busi sangat kecil bisa jadi masalahnya.

Cara mengatasi masalah busi adalah memeriksa kondisi fisiknya. Lepaskan busi dari motor dan amati permukaannya.

Jika tampilannya hitam pekat atau celahnya sudah longgar, maka kalian harus menggantinya. Jangan kaget, busi ini memang komponen yang cukup sering untuk diganti.

Selain itu, Kabel busi juga salah satu bagian yang jadi penghubung antara cop busi dan coil yang bisa jadi penyebabnya.

Kabel yang rusak menimbulkan tegangan yang masuk ke busi jadi berkurang. Apabila terjadi hambatan yang melonjak, maka listrik yang dialirkan semakin kecil.

Jika yang rusak ternyata adalah kabel busi, maka kalian harus mengukur tahanan busi terlebih dahulu dengan ohm meter.

Apabila angka menunjukan lebih dari 25 ohm, maka kabel busi perlu diganti. Jika angka tidak berlebih, maka tidak ada masalah pada bagian tersebut.

Baca Juga:Mau Jalan-Jalan di Akhir Pekan? Siapkan 8 Perlengkapan Touring Motor Berikut! Biar Berkendara Semakin Aman dan Nyaman7 Rekomendasi Cafe di Purwokerto yang Buka 24 Jam, Cocok Banget Buat yang Doyan Nongkrong Sampai Pagi

4. Relay Starter Rusak

Bagian yang menjadi penyebab motor tidak mau menyala berikutya adalah relay starter. Komponen ini memiliki fungsi mengalirkan arus utama dari aki ke bagian motor starter.

Posisi dari relay ada di antara aki serta motor starter. Ketika rusak, maka tidak ada sumber listrik yang dialirkan pada aki.

Cara mengatasi masalah ini adalah menggantinya dengan yang baru. Kalian bisa mengetes terlebih dahulu kemampuan fungsinya.

Caranya dengan menekan relay dan mencoba starter bersamaan. Apabila muncul ketukan, tandanya relay masih normal.

5. Karburator

Kemudian ada karburator yang memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar serta udara ke silinder mesin.

0 Komentar