Jangan Buru-Buru Dibawa ke Bengkel! Ternyata ini 7 Penyebab Motor Tidak Mau Menyala dan Bonus Tips untuk Mengatasinya

penyebab motor tidak mau menyala
Masalah busi adalah salah satu penyebab motor tidak mau menyala. (instagram/@briskmotorindonesia)
0 Komentar

Jika terjadi masalah pada bagian ini, maka pasokan bahan bakar tidak sempurna. Alhasil, motor pun sulit untuk dinyalakan.

Cara mengatasinya adalah dengan memeriksa tekanan bahan bakar terlebih dahulu. Kalian bisa membuka karburator dengan memutar serta menyetelnya.

Kalian cukup memutarnya searah jarum jam dan putar lagi berlawanan arah. Namun, beda cerita jika karbutaror mati karena banjir.

Baca Juga:Yakin Ga Mau Coba Ngecamp Disini? Ini 5 Rekomendasi Tempat Camping Hits di Jawa Tengah, Dijamin Bikin Nagih!Bahaya! Inilah 5 Cara Mengencangkan Rantai Motor Kendur di Jalan, Segera Lakukan Perbaikan jika Hal Ini Terjadi

Kalian perlu mengeluarkan bahan bakar yang tersimpan di dalamnya. Kemudian nyalakan kembali motor dengan kick starter dan lakukan terus sampai mesin menyala.

6. Bahan Bakar Tidak Turun

Penyebab motor tidak mau menyala berikutnya bisa jadi karena bahan bakar yang tidak turun. Jika kalian amati, posisi dari tangki bensin lebih tinggi dibandingkan karburator.

Nah, jika karburator tidak terjadi masalah, mungkin saja terjadi pada bagian selangnya. Posisi dari tangki tinggi sebenarnya memudahkan agar bensin turun ke mesin.

Namun, kesalahan sering terjadi pada bagian selang tersebut, baik itu karena mampet atau motor jarang dipakai.

Jika motor jarang digunakan, maka aliran bahan bakar pada selang tersebut bisa saja mengering. Akibatnya motor tidak akan menyala sesering apapun kalian menekan starter.

Cara mengatasinya adalah dengan melepaskan selang radiator. Lepaskan dari klem dan biarkan sampai bensin mengalir turun.

Apabila sudah terlihat aliran bensin, kalian bisa menyalakan motor kembali dan mencobannya dengan kick starter.

Baca Juga:Mau Jalan-Jalan di Akhir Pekan? Siapkan 8 Perlengkapan Touring Motor Berikut! Biar Berkendara Semakin Aman dan Nyaman7 Rekomendasi Cafe di Purwokerto yang Buka 24 Jam, Cocok Banget Buat yang Doyan Nongkrong Sampai Pagi

7. Tekanan Kompresi Bermasalah

Lanjut, untuk penyebab motor tidak mau menyala yang terakhir bisa disebabkan oleh masalah pada tekanan kompresi.

Biasanya hal ini memang sering terjadi di pagi hari setelah mesin motor dingin karena semalaman tidak digunakan.

Mesin memerlukan tekanan kompresi supaya gas mudah terbakar dan motor akan menyala. Tekanannya pun harus sama dengan tenaga yang dikeluarkan.

Ketika kompresinya tidak seimbang, maka mesin tidak bisa menyala. Cara mengeceknya yakni dengan membuka busi, kemudian tutup lubang busi menggunakan jari.

Coba untuk mematikan kontak motor dan gunakan starter engkol. Apabila tidak ada tekanan saat menyalakan, maka terjadi masalah.

0 Komentar