4 Cara Mengatasi Cinta Tidak Berbalas, Jangan Patah Hati Terlalu Lama!

Mengatasi cinta tidak berbalas
Mengatasi cinta tidak berbalas. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Meluangkan waktu untuk berduka atas kehilanganmu adalah langkah mengatasi cinta tidak berbalas yang penting. Kamu tentu tidak sendirian dalam pengalamanmu, karena banyak orang telah melalui situasi di mana cinta mereka kepada orang lain tidak terbalas.

Tantang pikiran-pikiran yang mungkin menyelinap untuk memberi tahu dirimu bahwa ada yang salah denganmu atau bahwa kamu tidak cukup. Ada berbagai alasan mengapa cinta tidak dapat dibalas yang tidak ada hubungannya dengan nilai atau “cukup”-mu.

Tetap Sibuk

Sulit untuk melewati rasa sakit karena penolakan jika kamu berdiam diri dan merenungkan patah hatimu. Ini tidak berarti bahwa kamu harus benar-benar menghindari memikirkan apa yang telah terjadi, melainkanmu harus menemukan cara untuk tetap sibuk sehingga kamu bisa mengatasi cinta tidak berbalas dan tidak terus memikirkan hal-hal negatif.

Baca Juga:5 Tanda Unrequited Love: Apakah Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan?7 Cara Menunjukkan Rasa Peduli pada Orang yang Kamu Sayang, Membuatnya Merasa Berarti

Habiskan waktu bersama teman-teman yang dapat menawarkan dukungan. Seiring waktu, kamu akan menemukan bahwa rasa sakitnya berkurang dan kamu berada di tempat yang lebih baik untuk melihat kembali pengalaman itu dengan objektivitas yang lebih besar.

Pahami Pola

Ini mungkin pengalaman pertamamu dengan cinta tak berbalas atau kamu mungkin menemukan bahwa ini tampaknya menjadi pola bagimu. Sebagian besar cara orang memandang dan mengalami hubungan orang dewasa berkaitan dengan apa yang mereka pelajari saat tumbuh dewasa, apa yang mereka amati, dan apa yang diajarkan kepada mereka tentang cinta dan hubungan.

Gaya keterikatan dapat memengaruhi caramu mengatasi cinta tidak berbatas dan mengembangkan dan mempertahankan hubungan romantis orang dewasa. Keterikatan, seperti yang dijelaskan oleh psikolog terkenal John Bowlby, adalah ikatan emosional yang dalam dan bertahan lama yang menghubungkan orang satu sama lain. Terutama dirujuk dalam dinamika orang tua-anak, lebih banyak penelitian menunjukkan bahwa gaya keterikatan juga ada hubungannya dengan hubungan romantis orang dewasa.

Memahami gaya keterikatanmu dapat memungkinkanmu memperoleh wawasan tentang pola hubunganmu sendiri, kebutuhanmu, dan cara mengembangkan hubungan yang lebih sehat serta mengatasi cinta tidak berbalas.

Berinvestasilah pada Dirimu Sendiri

Saat kamu mengalami cinta tak berbalas, kemungkinan besar kamu menuangkan banyak energi emosional ke orang lain, dan ini mungkin membuatmu merasa terkuras. Untuk bergerak maju dengan cara yang sehat, penting bagimu untuk menginvestasikan kembali energi ke dalam dirimu, minat, hobi, dan tujuan pribadimu.

0 Komentar