Menjadi Lebih Berani, Ini 3 Cara Menghadapi Ketakutan dalam Dirimu

Menghadapi ketakutan
Menghadapi ketakutan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Sedikit ketakutan itu normal. Akan tetapi, sangat penting bagimu untuk menghadapi ketakutan jika ia sudah berada di level yang ekstrem atau sesederhana tidak pada tempatnya.

Faktanya, rasa takut membantumu secara naluriah melindungi diri dari bahaya. Ketakutan mungkin membantumu mengenali kapan kamu akan melakukan sesuatu yang berbahaya, dan itu bisa membantumu membuat pilihan yang lebih aman.

Namun, kamu mungkin merasa takut pada hal-hal yang sebenarnya tidak berbahaya, seperti berbicara di depan umum. Ketakutanmu untuk berbicara di depan umum mungkin menghalangimu untuk maju dalam karier atau berpartisipasi dalam tradisi seperti bersulang di pernikahan sahabatmu. Inilah contoh situasi di mana kamu perlu menghadapi ketakutan dalam dirimu.

Baca Juga:Pentingnya Kerentanan dalam Hubungan dan 4 Cara Memanfaatkannya4 Cara Mengatasi Cinta Tidak Berbalas, Jangan Patah Hati Terlalu Lama!

Jika kamu benar-benar ingin pergi berlibur ke Eropa, tetapi ketakutanmu akan terbang membuatmu berhenti sejenak, kamu mungkin merasa ketakutanmu menghentikan,i untuk mewujudkan impianmu. Jalan keluarnya adalah kamu perlu menghadapi ketakutan itu.

Jika kamu menemukan bahwa rasa takut menahanmu atau menciptakan masalah yang lebih besar dalam hidupmu, menghadapi rasa takutmu dapat membantumu blajar untuk mengatasi rasa takut dengan lebih baik dan akhirnya mengatasinya.

Cara umum menghadapi ketakutan adalah mengevaluasi risikonya, membuat rencana tindakan, menemui terapis, dan memastikan untuk tidak sepenuhnya menghindari ketakutanmu. Namun, kamu mungkin harus terlebih dahulu memutuskan apakah perlu menghadapi ketakutan jika itu bukan bagian dari kehidupan sehari-harimu.

Tips Menghadapi Ketakutan dalam Dirimu

Mengevaluasi Risiko

Terkadang, rasa takut datang hanya karena tidak mengetahui banyak tentang hal yang kamu takuti. Misalnya, kamu mungkin takut dengan pesawat terbang karena sepertinya kamu telah mendengar banyak insiden di udara yang menyebabkan cedera atau kematian.

Namun, jika kamu melihat statistik, kamu mungkin mengetahui bahwa kemungkinan kematian pada maskapai jet komersial AS adalah 1 banding 7 juta (dibandingkan dengan 1 banding 600 akibat merokok).

Kamu juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa yang menyebabkan benturan dan goncangan selama turbulensi di pesawat—hanya pergerakan udara yang berpengaruh pada pesawat dan, jika kamu memasang sabuk pengaman dengan benar, hanya menimbulkan sedikit ancaman bagimu.

0 Komentar