Jangan Asal Pencet! Ini Bahaya Memencet Jerawat Sembarangan dan Cara Mengatasinya, Lakukan 3 Hal Berikut Agar Tidak Semakin Parah

bahaya memencet jerawat sembarangan
ilustrasi memencet jerawat/pexels
0 Komentar

5. Jerawat Justru Akan Sembuh dalam Waktu yang Lebih Lama

Bukannya masalah lekas selesai, jerawat yang dipencet sembarangan justru akan membutuhkan penyembuhan lebih lama. Jika dibiarkan saja tanpa memencetnya, jerawat akan mereda secara alami dalam sepekan.

Tapi saat memencetnya maka butuh waktu yang lebih lama karena peradangan tak kunjung reda. Jangan lupakan juga dengan luka yang menimbulkan bekas.

6. Kulit Menjadi Bolong-Bolong

Kulit wajah bisa bolong karena saat memencet jerawat kelenjar minyak di kulit lapisan dalam pecah. Akhirnya jaringan parut atau luka tadi menarik kulit lapisan atas sehingga menyebabkan bekas cekung atau bolong-bolong tadi.

Baca Juga:Bagaimana Cara Memutihkan Wajah dengan Bedak Kelly? Ternyata, Ini 5 Langkah yang Wajib Diikuti Biar Putih Saat itu JugaBagaimana Cara Memakai Air Mawar Sebelum Tidur? Perhatikan 5 Tips untuk Mendapat Manfaatnya Berikut!

Cara Mengatasi Jerawat yang Terlanjur Dipencet

Lalu bagaimana mengatasi bahaya memencet jerawat sembarangan tadi? Pertanyaan ini pasti muncul karena kita menyesal dan khawatir dengan risiko tadi. Jika sudah terlanjur, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Menjaga Kebersihan Area Jerawat

Luka baru yang ditimbulkan bekas jerawat bisa menyebabkan iritasi, apalagi kalau sampai berdarah. Agar jerawat yang sudah pecah tetap bersih, maka segera cuci muka dengan pembersih yang lembut. Jangan menggosok terlalu kasar.

2. Jangan Menyentuh Jerawat

Untuk menghindari berbagai kemungkinan bahaya memencet jerawat sembarangan tadi, lebih baik jangan menyentuh jerawat sama sekali. Kamu bisa kembali gemas untuk memencetnya atau membuat jerawat makin parah.

Jika ingin menyentuh area wajah maka pastikan tangan dalam keadaan bersih, kamu sudah mencuci tangan dengan sabun dan air sehingga tidak membawa bakteri yang bisa memperparah keadaan.

3. Manfaatkan Es Batu

Mengompres jerawat dengan es batu bisa menenangkan dan mengurangi peradangan jerawat. Kamu bisa melakukan ini dengan cara membungkus es menggunakan kain, kemudian kompreskan di area bengkak selama 10 menit.

Kompres ini bisa dilakukan beberapa kali untuk mengurangi bengkak. Kalau jerawat setelah dipencet tidak menimbulkan pembengkakan, kamu tidak perlu melakukannya.

Selain beberapa cara tadi, mengatasi bahaya memencet jerawat sembarangan juga termasuk menjaga make up. Alangkah baiknya hindari penggunaan make up terlebih dahulu sampai luka sembuh. Jika harus memakai riasan, maka lakukan perawatan jerawat dengan benar. (*)

0 Komentar